[Review] The King of Fighters Allstar, Gim Bertarung Wajib di Ponsel!

Gaming Nov 03, 2019

Netmarble pada bulan Oktober ini baru saja merilis gim terbaru mereka, yaitu The King of Fighters Allstar. Mengadaptasi dari versi gim PC ataupun konsolnya, King of Fighters sendiri menyesuaikan fitur ponsel sehingga nyaman untuk dimainkan.

Salah satu keunggulan dari gim ini adalah grafis yang mumpuni. Meski hanya mengunduh dan install versi medium, namun gerakan para petarung dari sejumlah seri gim King of Fighters era 1994-1999 ini seolah seperti nyata. Tak hanya itu, beberapa suara karakter pun disuarakan oleh sejumlah seiyuu ternama.

Jalan Cerita

Cerita gimnya sendiri berfokus pada protagonis utama, yang tiba-tiba kehilangan ingatan. Ia bertemu seorang gadis misterius bernama Noah.

Mereka sempat disergap oleh sekelompok preman dan petarung jalanan. Namun, protagonis ternyata memiliki kemampuan bertarung yang handal, dan bisa mengalahkan seluruh petarung jalanan. Noah pun memberikan sebuah undangan turnamen petarung kelas dunia King of Fighters kepada sang protagonis, dan bersama menghadapi seluruh turnamen.

Secara sederhananya, cerita Story Mode gim King of Fighters Allstar hadir dari versi cerita gim King of Fighters era 1994 hingga 1996. Sejumlah karakter pun juga mengambil dari seri gimnya. Pemain diharuskan untuk membentuk tim yang terdiri dari tiga petarung itu. Story Mode hadir dalam dua level, yakni normal dan hard. Level hard bisa muncul jika keseluruhan chapter di seri ceritanya sudah diselesaikan.

Tentunya ada Gacha

Untuk mendapatkan karakter petarung yang diinginkan, pemain bisa melakukan Gacha dengan Gems, daily Gacha, atau melalui ticket gacha. Bagi yang kekurangan GEMS ataupun item lain, tapi malas untuk bersusah payah, gim ini juga menyediakan pembelian item dan gems secara daring yang bisa dibeli dengan Voucher Google Play.

Selain mendapat karakter, pemain harus mengatur formasi karakter. Ada slot Fighter yang akan dibawa ke pertarungan, dan Strike untuk mendapatkan semacam Link agar bisa menaikkan stats ataupun serangan dan bertahan.

Tak hanya itu, ada suatu formasi khusus yang juga bisa menaikkan stats formasi. Bisa dibedakan mulai dari jenis kelamin petarung, ataupun versi seri gimnya.

Bisa Naikin Level Karakter Lho!

Setelah mendapat karakter, tentu pemain perlu meningkatkan level ataupun kemampuan. Untuk dapat menaikkan level karakter ada dua cara, yakni membawa karakter ke dalam pertarungan, atau menaikkannya dengan Exp potion. Selain level, pemain juga bisa meningkatkan kemampuan menyerang, bertahan, bahkan HP pemain dengan item khusus.

Untuk dapat Menaikkan kemampuan petarung melalui core, pemain harus mendapatkan beberapa core item dan syarat level minimum untuk mendapatkan tambahan skill rahasia atau meningkatkannya. Sedangkan pemain juga bisa mengupgrade tingkat rarity dan Phase dengan masuk ke Evolve ataupun Limit Break.

Disini juga kalian dapat memasang kartu spesial, atau disebut juga Battle Card. Guna kartu ini adalah untuk memberikan skill mirip ultimate yang memiliki damage besar. Fitur ini akan terunlock jika kalian semakin sering bermain gimnya. Battle Card itu sangat penting lho, terutama jika sedang PvP. apalagi turnamen.

Agar bisa mendapatkan item untuk menaikkan level dan skill serta item untuk limit break, ada dungeon khusus bernama Power Up Dungeon. Masing-masing level untuk Dungeon ini sendiri dibedakan menjadi tiga kategori, yakni Easy, Normal, dan Hard.

Selain power up dungeon, ada dungeon khusus untuk event spesial ataupun dungeon lain yang baru bisa terbuka jika pemain menyelesaikan chapter Story Mode tertentu.

Banyak Variasi Permainan

Selain story dan dungeon, pemain bisa saling bertarung di menu “Match”. Setelah masuk menu Match, akan dihadirkan sub menu Time Attack, Arena, League Match, dan Friendly Match. Menu ini bisa membuat sesama player baik teman sendiri ataupun di negara lain bisa melakukan PvP secara daring.

Dalam hal gameplay, pemain ketika bertarung bisa melakukannya secara manual, semi auto, ataupun auto. Bagi yang senang bermain manual, pemain disuguhkan dengan tombol serangan dasar, dodge bertahan dan dodge emergency. Bedanya, kalau bertahan masih kena damage, kalau emergency tidak terkena damage.

Uniknya nih, disini ada konsep “warna” pada hero dan musuh. Misalkan, suatu hero memiliki warna “merah”, maka karakter tersebut cocok untuk melawan musuh berwarna “hijau”. Namun, hero berwarna “merah” tersebut akan mudah dikalahkan oleh musuh berwarna “biru”. Konsep warna ini disebut juga sebagai Leverage.

Jadi, kalian harus menyesuaikan karakter kalian dengan musuh yang akan dihadapi. Tenang saja, sebelum match akan ketauan “warna” musuh. Namun, konsep ini tidak ada jika sedang melawan bos tertentu atau sedang PvP. Pada saat itu warna musuh akan menjadi abu-abu.

Gim nya seru! Bagi kalian yang ingin mengisi keseharian kalian, langsung saja download The King of Fighters Allstar di Play Store atau App Store ya!

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.