Achmad Zaky Resmi Mengundurkan Diri dari CEO Bukalapak

Teknologi 10 Des 2019

Kabar mengejutkan hadir dari startup e-Commerce raksasa Bukalapak. Bukalapak mengumumkan terjadi perubahan besar di pucuk kepemimpinan.

Salah satu yang telah dikonfirmasi adalah pengunduran diri Achmad Zaky dari jabatannya sebagai CEO Bukalapak. Dikutip dari CNN Indonesia dan detik INET, Senin (9/12), Posisi yang ditinggalkan Zaky diserahkan kepada Rachmat Kaimuddin sebagai CEO baru Bukalapak.

“Sekarang, kami mengajak Rachmat bergabung dengan Bukalapak karena kepemimpinannya bisa mengarahkan Bukalapak ke tingkat yang lebih hebat lagi,” kata Zaky.

Sementara itu, Achmad Zaky akan berperan sebagai Penasihat dan Pendiri Bukalapak, membangun Tech Startup Mentor, dan mendirikan sekaligus menjadi Ketua pada Yayasan Achmad Zaky.

Perubahan besar-besaran pucuk kepemimpinan Bukalapak ini dikarenakan para pendirinya hendak mengubah komposisi di level C-Suite, yang terhitung efektif per tanggal 6 Januari 2020.

Perubahan pimpinan tersebut menjadi bagian dari rencana jangka panjang yang telah dimulai sejak bulan Oktober 2016. Saat itu, Willix Halim ditunjuk sebagai Chief Operating Officer (COO) Bukalapak.

Dengan perubahan ini, komposisi C-Suite baru Bukalapak terdiri dari:

  • Rachmat Kaimuddin: CEO,
  • Fajrin Rasyid: Presiden dan Co-Founder,
  • Nugroho Herucahyono: Chief Technical Officer (CTO) dan Co-Founder,
  • Willix Halim: Chief Operating Officer (COO),
  • Natalia Firmansyah sebagai Chief Financial Officer (CFO),
  • Teddy Oetomo: Chief Strategy Officer, 
  • Bagus Harimawan: Chief of Talent.

Tanggapan bos baru Bukalapak

Menanggapi kabar pengangkatan dirinya sebagai CEO baru tersebut, Muhammad Rachmat Kaimuddin mengaku percaya Bukalapak adalah tempat dimana ia bisa bekerja sama untuk membuat perubahan positif yang berguna bagi bangsa dan negara.

“Saya harap dapat membantu Bukalapak memberikan dampak lebih luas untuk Indonesia,” kata Rachmat.

Sebelum bergabung dengan Bukalapak, Rachmat menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk sejak tahun 2018.

Rachmat pernah menjabat sebagai Managing Director PT Cardig Air Services, Chief Financial Officer PT Bosowa Corporindo, Managing Director PT Semen Bosowa Maros, Vice President Baring Private Equity Asia dan Principal of Quvat.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.