Menu Tutup

Gantikan Larry Page dan Sergey Brin, Sundar Pichai Kini Jabat CEO Alphabet

Kabar mengejutkan datang dari Google. Perusahaan teknologi dan mesin pencari raksasa sedunia itu telah melakukan perampingan posisi pimpinan baik dari Google maupun perusahaan induknya yang baru berdiri lewat restrukturisasi pada 2015 silam, Alphabet.

Dikutip dari Kompas Tekno dan detik INET, Rabu (4/12), Sundar Pichai, yang sebelumnya menjabat sebagai CEO Google, kini juga mengisi posisi CEO Alphabet menggantikan Larry Page serta pendiri Google lainnya, Sergey Brin.

Perampingan ini dilakukan karena Alphabet sudah dianggap mapan, dan Google sudah dianggap sebagai perusahaan independen.

“Alphabet dan Google tidak lagi membutuhkan dua CEO dan seorang presiden,” tulis Larry Page dan Sergey Brin dalam sebuah memo via blog resmi Google, Selasa (3/12) kemarin.

Pichai bakal menjadi eksekutif yang bertanggung jawab dalam memimpin Google yang akuntabel serta mengatur investasi Alphabet dalam portofolio Other Bets yang berisi unit-unit usaha lain.

BACA JUGA :  Pre Order Vivo Y19 Telah Dibuka, Ini Harga dan Spesifikasinya!

Baik Larry maupun Sergey menegaskan bahwa transisi ini tidak memengaruhi struktur Alphabet atau proyek yang sedang dikerjakan.

Pichai juga berterima kasih kepada para pendiri Google yang memberinya kesempatan untuk memberikan pengaruh kepada dunia serta menjadi fondasi kuat untuk terus maju.

“Saya tak sabar untuk perjalanan selanjutnya, dan terus bersama Anda di sepanjang perjalanan,” tambah Pichai.

Page dan Brin mengaku tak akan sepenuhnya mundur dari perusahaan yang mereka didirikan 20 tahun lalu tersebut, dan tetap menjabat sebagai dewan direksi. Bahkan, mereka mengaku masih akan terus berdiskusi dengan Pichai untuk membahas topik yang mereka suka.

“Kami masih sangat berkomitmen terhadap Google dan Alphabet dalam jangka panjang, dan akan tetap aktif di Dewan Direksi, pemegang saham, dan pendiri. Kami juga berencana untuk berdiskusi dengan Sundar secara reguler, terutama untuk topik yang kami suka,” lanjut Page dan Brin.

BACA JUGA :  Vivo Y19 Resmi Dijual di Indonesia, Dibanderol Rp 2,9 Juta

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×