Gboard Selalu Crash di HP Xiaomi? Ini Solusi Sementaranya!

Teknologi Des 18, 2019

Google baru saja meluncurkan pembaruan untuk aplikasi keyboardnya, Gboard.

Dilihat dari informasi yang diberikan Google melalui Play Store, pembaruan ini membawa fitur baru yakni “Scrollable search suggestion chips in Gboard for Google App users”. Namun fitur ini hanya ditujukan untuk pengguna versi beta.

Bukannya memperbaiki, pembaruan ini membawa masalah bagi pengguna MIUI, ROM Android di ponsel Xiaomi. Ada bug yang membuat aplikasi ini selalu berhenti bekerja dan menampilkan dialog “App Not Responding”.

Dialog App Not Responding Gboard di Ponsel Xiaomi
Dialog App Not Responding yang selalu muncul di Ponsel Xiaomi

Karena bug ini, pengguna MIUI tidak dapat menggunakan aplikasi ini sebagai metode input karena aplikasi akan selalu mengalami crash.

Solusi Memperbaiki Gboard yang Crash

Satu-satunya cara termudah agar crash tidak kembali terjadi yakni dengan menghapus data aplikasi Gboard, dan mengembalikannya ke versi pabrikan.

Untuk menghapus data aplikasi GBoard, kamu tinggal membuka Pengaturan > Aplikasi Terinstal > Cari ‘GBoard’ > Tekan ‘Paksa Berhenti’ > Tekan ‘Hapus Data’. Dengan ini, aplikasi akan berhenti bekerja di latar belakang.

Setelah itu, pilih opsi ‘Hapus Pembaruan’. Kamu akan diminta mengonfirmasi jika kamu ingin kembali ke versi bawaan pabrik, tekan “Ya”. Tunggu hingga proses mengembalikan versinya selesai.

Setelah itu, usahakan untuk tidak memperbarui aplikasi keyboard ini sampai update baru dari Google diluncurkan. Caranya dengan mematikan update otomatis di perangkat Xiaomi kamu. Cukup buka Play Store > Buka Menu > Pilih ‘Pengaturan’ > Pilih menu ‘Auto-update apps> Pilih opsi ketiga, ‘Don’t auto-update apps’.

Matikan opsi Update otomatis agar Gboard tidak kembali memperbarui ke versi yang selalu crash.
Matikan opsi Update otomatis agar aplikasi tidak kembali memperbarui ke versi yang selalu crash

Jika Google sudah meluncurkan update yang memperbaiki bug ini, jangan ragu-ragu untuk kembali memperbarui aplikasi Gboard kamu.

Aplikasi keyboard yang dahulu bernama Google Keyboard ini adalah salah satu aplikasi input bawaan Android. Langsung dikembangkan oleh Google, fitur-fitur baru yang ditawarkan membuat keyboard ini menjadi pilihan banyak orang.

Misalnya saja opsi pencarian Google langsung di keyboard yang memudahkan pencarian tanpa harus keluar aplikasi. Tersedia juga fitur pencarian GIF, Google Translate, pembuat stiker, dan pemilih emoji yang intuitif.

Kami akan memperbarui artikel ini jika Google sudah merilis pembaruan kembali.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.