Helmy Yahya Dicopot, Petisi "Selamatkan TVRI" Muncul

Media 21 Jan 2020

Jakarta – Setelah merebak kabar pencopotan Helmy Yahya oleh Dewan Pengawas TVRI, banyak warganet yang resah dan kecewa atas keputusan ini.

Helmy Yahya dinilai sebagai simbol perubahan TVRI atas gebrakannya dalam mengembalikan citra stasiun pemersatu bangsa tersebut.

Sebuah petisi dibuat pada situs change.org dalam rangka menuntut kembalinya Helmy Yahya. Hingga berita ini dibuat, sudah hampir 500 orang menandatangani petisi ini.

Berikut adalah isi petisi tersebut.

“TVRI sedang kembali dikerdilkan. Helmy Yahya sebagai simbol perubahan TVRI diberhentikan secara sewenang-wenang dengan alasan pemberhentian yang lemah. Perlakuan ini akan menguburkan mimpi Indonesia memiliki televisi publik yang besar, mandiri, dan kuat. Kini TVRI membutuhkan dukungan dari pemimpin negara, legislatif, lembaga negara, dan seluruh lapisan masyarakat. Mari selamatkan TVRI #savetvri.”

Apa saja andil Helmy Yahya dalam mengembalikan citra TVRI?

1. TVRI kini memiliki kanal khusus olahraga berdefinisi tinggi

2. Logo baru yang diperkenalkan tahun lalu (bahkan sempat ada bocorannya)

3. Adanya program National Geographic

4. Ditayangkannya beberapa acara multinasional, seperti acara hiburan, dan olahraga (Termasuk Liga Primer Inggris yang dipermasalahkan oleh Dewan Pengawas)

5. TVRI semakin bersemangat dalam transisi siaran dari analog ke digital, di mana beberapa stasiun lain masih enggan melakukannya.

Helmy sendiri dalam siaran pers memberikan penjelasannya soal alasan pemecatan yang dinilai sangat lemah.

Jika kalian ingin melihat dan berpartisipasi, silahkan kunjungi tautan berikut.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast