Menkominfo Inginkan Netflix Tayangkan Film Kreasi Anak Bangsa

Teknologi Jan 07, 2020

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerald Plate meminta Netflix untuk menggunakan film hasil kreasi anak bangsa di dalam negeri. Hal ini untuk mendorong tumbuh kembang kreativitas di dalam negeri.

“Kita minta Netflix original jangan dulu lah di Indonesia. Gunakan dulu hasil kreativitas anak Indonesia sendiri dulu. Kalau bisa,” ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/1) kemarin sebagaimana dilansir dari CNBC Indonesia.

Johnny Plate juga mengungkapkan soal blokir Netflix di jaringan Telkom Group seperti Telkomsel dan IndoHome. Menurut beliau, tidak ada pemblokiran dalam hal ini. Tetapi, beliau mengungkapkan alasan bahwa kedua belah pihak belum menemui kesepakatan bisnis.

“Kalau business to business selesaikan secara bisnis. Kalau business to business itu kan ada pertimbangan benefit (keuntungan) masing-masing. Tapi jangan sampai Telkomsel dibilang blokir Netflix. Enggak begitu juga, bicarakanlah supaya saling mendapatkan manfaat,” ujar Johnny Plate.

Johnny menambahkan jalan keluar dari masalah ini adalah duduk bersama dan membicarakan semuanya dengan Telkom Group.

Sebagai tambahan informasi saja, bahwa Netflix sudah bisa digunakan di sejumlah jaringan operator telekomunikasi, seperti Indosat Ooredo, XL Axiata dan Tri. Sedangkan di jaringan Telkom Group masih belum bisa digunakan sejak tiga tahun silam.

Netflix punya ratusan ribu pengguna di Indonesia. Namun hingga kini Netflix diketahui belum bayar pajak karena dana berlangganan akan ditransfer langsung ke akun di Belanda.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemenkominfo telah memblokir web streaming film ilegal IndoXXI secara resmi pada awal Januari lalu. Namun, pemblokiran IndoXXI ini ditanggapi warganet dengan sejumlah keluh kesah.

Salah satunya adalah diblokirnya jaringan streaming Netflix oleh Telkom dan anak usahanya, seperti Telkomsel dan IndoHome.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.