Sayonara, IndoXXI Resmi Menutup Situsnya Hari Ini

Pop Kultur Jan 02, 2020

Setelah dikabarkan akan menutup segera situsnya, kini tepat pada hari pertama tahun baru 2020, situs streaming film ilegal IndoXXI sudah tidak bisa diakses untuk menonton konten-kontennya.

Dilansir dari Kompas Tekno dan CNN Indonesia, laman beranda IndoXXI di alamat 103.194.171.75 sebenarnya memang masih bisa dibuka. Tetapi video-video yang ada di dalamnya tidak bisa diakses karena terhalang jendela pop-up berukuran besar yang menutupi seluruh layar.

Pop-up tersebut menampilkan animasi kembang api singkat yang disusul dengan kalimat bertuliskan “Goodbye 2019, Goodbye IndoXXI, Terima Kasih”. Sementara dibawahnya ada tombol berwarna kuning yang bila ditekan akan mengalihkan pengunjung ke sebuah situs kuis. Hal ini pun juga berlaku pada peramban mobile.

Hal ini pun juga dikeluhkan oleh sebagian pengguna situs di Twitter. Sebagian dari mereka juga berusaha mencari alternatif lain.

Sebagai Upaya Kominfo Memberantas Situs Bajakan

Sebelumnya, menjelang akhir 2019, situs streaming film ilegal IndoXXI mengumumkan bahwa mereka akan menutup situsnya pada 1 Januari 2020. “Sangat berat, tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak 1 Januari 2020, kami akan menghentikan penayangan film di website ini,” dalam pengumumannya pada saat itu.

Hal ini terkait dengan kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang menggandeng Direktorat Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, penegak hukum, dan Asosiasi Industri Kreatif untuk memblokir situs-situs yang menyediakan layanan hiburan ilegal.

Menurut survey YouGov, keberadaan situs-situs ilegal ini dinilai mematikan industri kreatif Indonesia karena dari 63 persen yang mengakses situs web streaming atau torrent, 62 persen mengatakan telah membatalkan semua atau sebagian langganan di layanan TV berbayar yang ilegal. Hal ini pun membuat pemerintah melalui Kemkominfo mulai berupaya untuk menindak situs-situs ilegal tersebut.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.