Ekstrim! Inilah Spesifikasi Xbox Series X

Gaming Feb 26, 2020

Setelah Xbox One, tampaknya Microsoft ingin membuat versi Xbox terbaru yakni Xbox Series X. Xbox X terbaru ini digadang-gadang akan memiliki GPU yang lebih dashyat dari sebelumnya dan kali ini disertai dengan SSD untuk mempersingkat loading screen yang sangat membosankan.

Dikutip dari postingan Phil Spencer pada situs resmi Xbox melalui Cnet dan Wired, Selasa (25/2), bahwa Xbox X ini akan dirilis pada tahun ini.

Sumber: Microsoft via Cnet

Dibekali dengan processor RDNA 2 dan Zen 2 dari AMD yang akan membuat sistem dari Xbox X ini 4x lebih kencang daripada Xbox One bahkan bisa mencapai 12 teraflops yang berarti kecepatannya 2x lebih cepat dari Xbox One X.

GPU dari Xbox X ini akan menggunakan teknik yakni Variable Rate Shading yang di mana fokus hanya pada salah satu objek saja. Xbox X ini juga akan dibekali DirectX Raytracing yang dapat meningkatkan efek cahaya dalam game dan tentunya dapat mengangkat hingga 120 FPS.

SSD dalam Xbox X ini dapat membantu loading game menjadi cepat sehingga player tidak jenuh menunggu loading screen yang sangat lama. Xbox X ini mempunyai kemampuan untuk kembali dalam game kembali setelah console ini dalam kondisi Sleep.

Game di Xbox X

Kangen dengan game lama? Tentunya Xbox X ini mempunyai backward compatibility yang di mana kamu bisa juga memainkan game yang berasal dari Xbox 360 dan Xbox One.

Microsoft juga akan menggunakan Smart Delivery pada sistem barunya yang dapat memudahkan player untuk membeli kopian Xbox Game Studios yang dapat digunakan juga pada Xbox One atau Xbox X. Bagi MedForians yang sedang mengembangkan game Xbox, selamat, kalian dipermudah!

CD Projekt Red, pengembang dari game Cyberpunk 2077, membuat cuitan via Twitter pada Senin (24/2) kemarkn bahwa bagi game yang membeli versi Xbox One game ketika keluar pada bulan September nanti akan dapat memainkannya di Xbox Series X tanpa harus membelinya lagi.

Xbox Games Pass, layanan streaming game berlangganan on-demand dari Microsoft, akan menerima beberapa peningkatan pada sistem baru, termasuk frame rate yang lebih mantap dan audio dan visual yang lebih baik. Layanan ini juga bakal memiliki Halo Infinite yang akan datang ketika rilis nanti pada tahun 2020.

Microsoft juga membuat tweak untuk aspek lain seperti kecepatan konsol. Aspek¬† Dynamic Latency Input¬† menggunakan “bandwidth tinggi, protokol komunikasi nirkabel berpemilik” dari Seri X untuk mengurangi penundaan antara pengontrol Xbox dan sistem.

Input HDMI 2.1 juga akan menggunakan teknologi baru untuk menyinkronkan kecepatan refresh antara konsol dan layar sambil mengurangi jeda.

Meskipun posting blog mengungkapkan beberapa spesifikasi untuk Xbox Series X, masih ada informasi lain yang tidak diketahui, terutama tentang informasi harga. Ketika Xbox One keluar pada 2013, ia memiliki banderol harga $ 499, yang merupakan $ 100 lebih mahal dari Sony PlayStation 4.

Ada juga spekulasi dari konsol Xbox Series X tanpa disk yang dapat dirancang agar lebih ramah anggaran. Ini juga bisa berarti ada kemungkinan versi “pro” yang dapat memiliki kekuatan lebih besar.

Xbox Series X akan dirilis untuk musim belanja liburan.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.