Kompetisi Regional ICGP Ditunda Akibat Pandemi Virus Corona

Pop Kultur 18 Mar 2020

Virus Corona (Covid-19) menyebabkan kekhawatiran dimana-mana, sehingga berbagai acara dijadwal ulang atau bahkan sampai dibatalkan.

Hal ini juga berdampak pada perhelatan Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) dimana untuk kompetisi tingkat regional yang sebelumnya akan diadakan di Pekanbaru, Malang, dan Bandung ditunda. Akan tetapi, untuk regional Yogyakarta telah berlangsung sebelumnya.

Hal ini disampaikan melalui situs resmi kompetisi ICGP – Clas:H, Selasa (17/3).

“Indonesia Cosplay Grand Prix yang dihost oleh beberapa acara daerah seperti Pop Town Pekanbaru (27 Maret), Japan Daisuki! Malang (5 April), Bandung Wonderland (19 April), memutuskan untuk menunda pelaksanaan acara sampai kondisi membaik untuk dapat diselenggarakan kembali.

Sejak diumumkannya tentang penyelenggaraan acara tersebut, panitia CLAS:H merasakan antusias yang sangat tinggi dari “Sosial Media” untuk seluruh acara mendatang. Namun, pada 13 Maret 2020 diterbitkan himbauan dari pemerintah Indonesia mengenai strategi pencegahan penyebaran virus Covid-19, termasuk di antaranya perihal “acara yang mengumpulkan massa”. Dalam hal ini, panitia dihadapi dengan keputusan kelanjutan acara dengan mempertimbangkan semangat serta kesehatan peserta dan pengunjung.

Untuk kompetisi ICGP Regional selain Jogja yang telah dilaksanakan di acara IKIMASU! 2020 (15 Maret), penyisihan Regional Sumatra di Pekanbaru, Regional Jawa Timur di Malang, dan Regional Jawa Barat di Bandung tahun ini akan tetap berjalan, namun tanggal dan lokasinya masih akan diumumkan kemudian hari. Pendaftaran ICGP masih tetap dibuka untuk ketiga regional tersebut dengan batas waktu yang sama, tanpa perubahan tanggal.”

Dengan penundaan ICGP secara otomatis acara induknya yang diadakan di beberapa wilayah tersebut ditunda sampai keadaan membaik. Namun, untuk batas waktu pendaftaran tidak berubah.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.