Spesifikasi PS5 Terungkap! Pakai SSD, RAM 16 GB, dan Lainnya!

Gaming Mar 19, 2020

Kabar yang ditunggu-tunggu telah hadir, karena konsol PlayStation terbaru, yaitu PlayStation 5 (PS5) akhirnya diumumkan secara publik.

Tidak ingin kalah dengan konsol kompetitor, yaitu Xbox Series X yang baru diumumkan beberapa waktu yang lalu. Sony melakukan live-streaming untuk mengumumkan konsol gaming terbarunya.

PS5, Peningkatan Signifikan

Konsol terbaru dari Sony ini akan jauh lebih gahar dibandingkan konsol sebelumnya. Mesin utama PS5 kali ini dibekali dengan CPU buatan AMD, yaitu 8 buah AMD Zen 2 (octa-core) dengan frekuensi tertinggi mencapai 3.5 GHz. Untuk grafis , PlayStation 5 menggunakan arsitektur RDNA yang dibuat khusus oleh AMD. Diketahui kekuatan dari prosesor grafis ini dapat menyentuh angka 10.28 TFLOPs.

Untuk mendukung otak yang high-end ini, PlayStation 5 sudah dibekali dengan RAM berkapasitas 16 GB. RAM tersebut mampu mendukung bandwidth hingga 448 GB/s.

Mesinnya sudah luar biasa high-end, lalu bagaimana dengan penyimpanannya? Untuk meningkatkan performa, kali ini PS5 sudah dibekali dengan Solid State Drive (SSD) yang jauh lebih cepat dibandingkan Hard Disk Drive (HDD). Dengan waktu akses yang membutuhkan hanya hitungan detik, kalian bisa memainkan game kalian dengan cepat dan tanpa menunggu loading lama.

SSD yang ditanamkan oleh Sony pada konsol ini memiliki kapasitas yang besar, yaitu 825 GB. Selain itu, terdapat juga slot NVMe bagi kalian yang ingin menambah kapasitas penyimpanannya. Lebih lengkap lagi, SSD tersebut mendukung bandwidth dari 5.5 GB/s hingga 9 GB/s, tergantung tipe file.

Bisa Mainkan Game PS4

Spek gahar, penyimpanan luas, lalu bagaimana cara untuk memperoleh game dan memainkannya?

Ya tentu saja, apa lagi kalau bukan melalui optical disk, media yang selalu digunakan dari konsol pertama. Kali ini PlayStation 5 sudah mendukung Blu-Ray 4K UHD. Namun dari bawaan konsol dikatakan mampu mendukung hingga 8K.

Untuk disk PS5, diketahui media tersebut dapat mendukung hingga kapasitas 100 GB. Saat ingin memainkan, tentunya harus diinstall terlebih dahulu.

Apakah kalau mau main game, harus disk yang khusus PS5? Tidak perlu! Konsol terbaru dari Sony ini sudah backwards-compatible, artinya kalian bisa memainkan game PS4 di konsol ini.

Banyak yang sudah diketahui, tapi tetap saja sampai saat ini belum diketahui bentuk dari PS5 ini. Sepertinya kita harus menunggu beberapa waktu lagi sebelum hal itu terjadi. Bahkan, bisa dibilang masyarakat sudah bersyukur sudah mendapatkan informasi sebanyak ini dari Sony.

Selain mesin baru, terdapat juga stik baru. Controller untuk PS5 diketahui akan mendukung haptic feedback, sehingga sensasi bermain akan berbeda jika dibanding menggunakan teknologi feedback biasa. Terdapat juga “adaptive triggers” yang nantinya dapat dimodifikasi sesuai keinginan para developer game.

Spesifikasi Lengkap

Berikut adalah spesifikasi lengkap berdasarkan hasil live-streaming oleh Sony.

KomponenPlaystation 5Playstation 4
CPU8x Zen 2 Cores at 3.5GHz (variable frequency)8x Jaguar Cores at 1.6GHz
GPU10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)1.84 TFLOPs, 18 CUs at 800MHz
GPU Architecture Custom RDNA 2Custom GCN
Memory / Interface16GB GDDR6/256-bit8GB GDDR5/256-bit
Memory Bandwidth448GB/s176GB/s
Internal StorageCustom 825GB SSD
500GB HDD
IO Throughput5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed)Approx 50-100MB/s (dependent on data location on HDD)
Expendable StorageNVMe SSD SlotReplaceable internal HDD
External StorageUSB HDD SupportUSB HDD Support
Optical Drive4K UHD Blu-ray DriveBlu-ray Drive

Kira-kira apa saja ya keunggulan Playstation 5 dibandingkan kompetitor atau generasi sebelumnya? Berikut penjelasan singkatnya:

  1. PS5 dapat memuat data 2GB hanya dalam waktu 0.27 detik, PS4 butuh 1 detik untuk 1 GB.
  2. Dapat memainkan game PS4 menggunakan media penyimpanan eksternal.
  3. PS5 mendukung M2 Drive sebagai ekstensi penyimpanan.

Rilis

Sony mengatakan konsol terbaru ini akan rilis pada menjelang akhir tahun 2020. Jadi masih lama ya, kalian masih harus menunggu dan bersabar.

Selama jangka waktu tersebut, mungkin ada baiknya untuk mempersiapkan uang terlebih dahulu agar dapat langsung beli.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.