Afrika Selatan Bangun Jaringan 5G Pertama di 3 Kota

Teknologi Mei 08, 2020

Meskipun dalam status negara berkembang, namun tidak ada yang tidak mungkin selama niat dan harapan masih ada. Seperti negara Afrika Selatan ini yang akan memiliki jaringan 5G untuk pertama kali, dan sekalugus menjadi pelopor jaringan 5G pertama di Afrika.

Dilansir dari Gizchina, Jumat (8/5), operator multi nasional asal Afrika Selatan bernama Vodacom Group mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan layanan internet komersial berbasis 5G. Dikutip dari Vodacom, hal ini akan mempercepat peluncurannya dengan menggunakan spektrum sementara yang telah dikeluarkan. Ini akan membantu operator untuk memenuhi permintaan yang meningkat di masa pandemi ini.

Vodacom juga mengatakan telah siap membangun 20 menara 5G yang berlokasi di tiga kota, yakni Johannesburg, Pretoria, dan Cape Town. Menara 5G ini juga akan memberikan layanan koneksi FWA (Fixed Wireless Access). Operator menggunakan spektrum sementara 50MHz pada band 3.5GHz yang dialokasikan oleh ICASA regulator untuk mempercepat peluncuran 5G dan selanjutnya memitigasi peningkatan lalu lintas selama wabah. Menurut operator, itu memiliki peningkatan lalu lintas seluler 40% pasca lockdown dimulai di Afrika Selatan.

Shameel Joosub selaku CEO Vodacom, mengatakan waktu peluncuran layanan di Afrika Selatan “sangat penting karena akan membantu kami untuk meningkatkan efisiensi jaringan di saat darurat… ini sebagian besar disebabkan oleh alokasi spektrum sementara ICASA, yang memiliki mengurangi kemacetan jaringan yang kami alami sejak awal periode lockdown ”.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.