Akhirnya, SpaceX Sukses Luncurkan 2 Astronaut ke Luar Angkasa

Teknologi Mei 31, 2020

SpaceX berhasil mencatatkan sejarah baru dalam perjalanan antariksa umat manusia. Perusahaan swasta yang dikomandoi oleh pengusaha Elon Musk ini berhasil meluncurkan dua astronautnya, Bob Behnken dan Doug Harley ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Minggu (31/5).

Dilansir dari Kompas dan Detik Inet, SpaceX yang bekerja sama dengan Badan Penerbangan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil menerbangkan keduanya dengan menggunakan Roket Falcon 9 milik SpaceX.

Peluncuran ini merupakan peluncuran astronot ke orbit yang pertama kali dilakukan oleh perusahaan swasta, dan pesawat antariksa berawak pertama NASA dalam 9 tahun terakhir.

“Luar biasa, kekuatannya, teknologinya. Itu adalah pemandangan cantik untuk dilihat,” ujar Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang menghadiri peluncuran tersebut.

Awalnya, misi ini seharusnya berlangsung beberapa hari yang lalu, namun karena cuaca buruk memaksa peluncuran tersebut tertunda hingga akhirnya benar-benar dilaksanakan pada hari ini.

“Saya bernapas lega, tapi saya juga mengatakan bahwa saya tidak akan merayakan hingga Bob dan Doug sampai di rumah dengan selamat,” ucap Administrator NASA, Jim Bridenstine.

Sepak Terjang SpaceX dalam Upaya Penjelajahan Angkasa Raya

Dilansir dari situs resminya, Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) sendiri merupakan perusahaan pesawat luar angkasa swasta Amerika Serikat yang didirikan oleh pengusaha Elon Musk pada 2002. Perusahaan ini didirikan dengan harapan merevolusi industri dirgantara dan merealisasikan perjalanan antariksa yang terjangkau bagi masyarakat.

Roket pertamanya, Falcon 1 yang cenderung lebih murah diluncurkan pada Maret 2006, namun gagal akibat kebocoran bahan bakar yang memicu kebakaran.

Perusahaan tersebut pun terus menguji coba roketnya hingga Falcon 9 yang berhasil meluncur ke ISS dengan membawa satelit pada 2010. Roket ini juga yang digunakan SpaceX untuk meluncurkan manusia ke luar angkasa pada Sabtu ini.

Sebelumnya dilansir dari CNN Indonesia, roket Starship yang digunakan untuk misi Demo-2 meledak pada waktu yang sama dengan misi peluncuran Falcon 9. Namun, roket yang digunakan itu berbeda dengan misi peluncuran ke ISS setelahnya.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.