Berusia 3 Bulan, Provider Internet Gratis Freenternet Tutup Usaha

Teknologi Jul 01, 2020

Bulan April 2020, kita dikejutkan dengan datangnya Freenternet, penyedia layanan internet gratis.

Freenternet adalah Internet Access Provider (IAP) yang dikembangkan oleh PT. Digitized World Indonesia. PT. Digitized World Indonesia didirikan di Jakarta pada tahun 2013 sebagai salah satu pelopor dalam teknologi captive portal management.

Dikutip dari Gizmologi, DD ‘Lulut’ Asmoro Chief Executive Officer PT Digitized World Indonesia mengatakan bahwa Freenternet bukan Internet Service Provider, melainkan Internet Access Provider dan hanya menyediakan internet gratis melalui jaringan Mobile WiFi Modem (MiFi) yang dibiayai oleh iklan.

Untuk mengakses internet gratis, calon pengguna harus membeli MiFi Freenternet yang dipatok dengan harga sekitar satu jutaan. Setelah membeli pengguna akan mendapatkan box khusus provider ini.

Review Freenternet, Internet Unlimited yang Gratis Selamanya
Box Freenternet. Sumber: GGWP.id

Di dalam pengguna akan mendapatkan kartu garansi MiFi selama setahun, buku panduan penggunaan, MiFi, baterai 2300 mAh, kabel charger, dan kepala charger.

freenternet®
Tampilan perangkat MiFi. Sumber: Gadgetalk

Penyedia layanan ini menawarkan akses internet tanpa FUP dan speed download sampai dengan 10,5 Mbps dan upload 3,42 Mbps.

Walaupun mendapatkan internet secara gratis, mereka akan mematikan koneksi internet dan akan memunculkan pop up iklan setiap sekitar 50MB. Untuk melanjutkan pemakaian, maka harus menonton iklan yang memiliki durasi sekitar 10-15 detik.

Hal ini akan sangat menganggu bagi pengguna yang sedang bermain game ataupun mendownload sesuatu karena koneksi akan otomatis putus.

Tak hanya itu, pengguna tidak bisa memberikan password pada WiFi, membuat siapa saja dapat mengakses dan terhubung. Pengguna pun hanya bisa mengubah nama bagian belakang pada WiFi dan label Freenternet akan tetap ada pada bagian depan.

Freenet Pamit

Setelah 2 bulan melayani dengan memberikan internet gratis, perusahaan ini melalui website resminya mengatakan akan tutup layanan sejak 30 Juni 2020.

Pesan pamit yang terdapat pada website resminya.

Mereka mengatakan bahwa dampak negatif ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 membuat mereka harus menghentikan layanan secara keseluruhan. Hal ini akan menjadi kabar yang menyedihkan bagi para pengguna setia menggunakan layanan internet gratis.

Apakah kalian pernah menggunakan layanan internet gratis dari mereka?

Tag

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.