Samsung Patenkan Desain Kamera Smartphone yang Menyamping dan Bisa Bergerak

Teknologi 19 Jun 2020

Perusahaan smartphone asal Korea Selatan, Samsung tak henti-hentinya melakukan sejumlah inovasi yang unik dan terkesan”nyentrik” terhadap smartphonenya.

Baru-baru ini, Samsung menciptakan inovasi terbarunya, yaitu smartphone yang mempunyai kamera yang menyamping dan bisa bergerak.

Desain kamera menyamping yang bisa bergerak

Dikutip dari Kompas Tekno, desain kamera tersebut memiliki 6 buah modul kamera. Enam buah modul tersebut terdiri dari 5 lensa Wide Angle dan 1 lensa Periscope Zoom.

Uniknya, lensa Wide Angle dalam desain paten yang diajukan oleh Samsung tersebut dapat bergerak miring ke kanan, kiri, atas, dan bawah.

Paten tersebut telah diajukan oleh Samsung sejak bulan Desember 2019 lalu kepada WIPO (World Intellectual Property Office) dan telah diterbitkan pada 11 Juni kemarin.

Berdasarkan paten tersebut, lensa Wide Angle-nya memiliki Focal Length sebesar 28mm. Dalam mode normal, kamera ini menghadap lurus seperti biasa. Namun, saat dua lensa atau lebih dimiringkan, maka foto dengan jangkauan Focal Length yang lebar dapat dihasilkan.

Berikut ilustrasi cara sistem kerja kamera tersebut

Dua lensa yang miring tersebut dapat membentuk sudut yang lebih lebar, sehingga memungkinkan pengguna memotret dalam mode panorama tanpa harus menggerakan smartphone kesamping seperti yang dilakukan pada kamera smartphone pada umumnya.

Kekurangan?

Meskipun sistem kamera tersebut memiliki banyak keuntungan, namun mekanisme tersebut dinilai terlalu mahal untuk dihadirkan kedalam sebuah smartphone.

Namun, hal tersebut baru sebatas pengajuan paten oleh Samsung dan belum dapat dipastikan apakah smartphone yang memiliki mekanisme tersebut akan direalisasikan oleh Samsung.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa