Google Larang Pengguna Android Install Aplikasi Benchmark Antutu, Ada Apa?

Teknologi Jul 10, 2020

Perseteruan antara Google dan Antutu masih berlanjut. Sebelumnya, Google telah menghapus aplikasi Antutu dari Playstore, namun kini Google tetap melarang pengguna Android untuk menginstall aplikasi tersebut dari pihak ketiga.

Dikutip dari Android Police via detikINET, Play Protect, layanan Google yang melindungi pengguna dari potensi menginstal aplikasi berbahaya, mulai memblokir instalasi Antutu di ponsel Android.

Jika pengguna bersikeras untuk menginstal Antutu, akan ada peringatan dari PlayProtect yang mengatakan bahwa aplikasi ini dapat mengumpulkan data pengguna.

Selain itu, pengguna yang membuka situs resmi Antutu melalui browser Google Chrome, jika ingin mendownload aplikasi ini melalui website tersebut akan muncul popup peringatan. Popup itu berisi tentang aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbahaya yang bisa mengumpulkan data penggunanya.

Peringatan ini muncul ketika Android Police mencoba untuk menginstal Antutu versi 8.3.9 dan 8.3.5. Tapi versi 8.3.4 dan sebelumnya sepertinya tidak memicu peringatan.

Saat ini, pengguna masih dapat menginstal aplikasi Antutu, meskipun ada peringatan berbahaya. Namun hal tersebut merupakan langkah awal dan bisa-bisa dikemudian hari, aplikasi Antutu akan dilarang untuk diinstal di Android.

Google sendiri telah menghapus aplikasi Antutu dari Playstore sejak bulan Maret lalu. Saat itu, penghapusan Antutu sepertinya terkait dengan masalah dari beberapa aplikasi buatan Cheetah Mobile yang melanggar kebijakan Playstore.

Namun pada saat itu, CEO dari Antutu, Zhao Chen mengklaim bahwa perusahaannya tidak terikat dengan Cheetah Mobile, meskipun perusahaan tersebut adalah salah satu investor dari Antutu.

Hingga saat ini, baik Google maupun Antutu belum memberikan informasi terkait permasalahan ini. Google juga belum memberi alasan mengapa mereka tetap melarang instalasi Antutu di smarphone Android.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.