Mengenal Redmi 9 dan Poco F2 Pro Bareng Alvin Tse

Teknologi Jul 15, 2020

Pada hari ini, Selasa (14/7), #MedForSquad dan beberapa rekan media lainnya berkesempatan melakukan press conference digital dengan Country Manager Xiaomi Indonesia, Alvin Tse. Akibat pandemi COVID-19 yang masih mewabah, press conference tersebut akhirnya dilakukan melalui aplikasi Zoom.

Dalam press conference kali ini, pihak Xiaomi membuka sesi tanya jawab terkait dengan produk terbaru dari mereka, yaitu Redmi 9 dan Poco F2 Pro.

Sebelumnya, Redmi 9 dan Poco F2 Pro telah diluncurkan secara resmi di Indonesia melalui acara launching yang diselenggarakan secara livestream melalui Youtube Xiaomi Indonesia.

Live Streaming Redmi 9 dan Poco F2 Pro

Smartphone Redmi 9 merupakan smartphone terakhir yang menggunakan tagline “Para Jawara” dari Redmi 9 series. Sedangkan Poco F2 tidak termasuk seri tersebut karena Poco merupakan merk yang berdiri sendiri saat ini.

Pertanyaan Seputar Redmi 9 dan Poco F2 Pro

Nah, dalam sesi press conference tersebut, selain memperkenalkan kembali produk Redmi 9 dan Poco F2 Pro, pihak Xiaomi juga membuka sesi tanya jawab seputar produk tersebut. Berikut beberapa pertanyaan yang telah dirangkum penulis yang ditanyakan oleh penulis sendiri dan beberapa rekan media lainnya:

Segmen pasar manakah yang ingin ditargetkan xiaomi dengan ponsel redmi 9 ini?
Secara spesifik, smartphone Redmi menargetkan mendapatkan pengalaman produk yang awet dan tahan lama. Smartphone Redmi menyuguhkan pengalaman yang luar biasa di segala aspek dengan harga terjangkau dengan spek yang mumpuni.

Redmi akan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi pengguna yang memiliki kebutuhan menyeluruh. Target pasar menyasar gen X dan Z dengan desain baru yang menarik. Selain itu smartphone ini juga ditargetkan untuk konsumen ingin beralih dari smartphone entry level ke mid end.

Perbedaan Mendasar

Dengan spesifikasi yang sama-sama tinggi pada kelas harganya, apa perbedaan mendasar dari seri redmi dan redmi note?
Xiaomi punya redmi 9, redmi note 9, redmi note 9 pro. Hal tersebut memberi pilihan kepada konsumen dengan target market berbeda. Redmi 9 cocok untuk pengguna yang tidak butuh chipset kencang untuk gaming dan kamera yang baik untuk fotografi.

Redmi 9 menjadi bestbuy smartphone dengan 4 kamera di harga under 2 juta dengan desain yang menarik.

Hal apa yang terdapat pada redmi 9 sekarang yang tidak dimiliki oleh seri redmi sebelumnya?
Redmi 8 memiliki 2 kamera, sedangkan Redmi 9 memiliki 4 kamera. Prosesor Redmi 9 diklaim 20% lebih cepat dari Redmi seri sebelumnya.

Kenapa Redmi 9 versi Indonesia tidak memiliki NFC?
Karena menambahkan NFC membutuhkan biaya lebih, sehingga menjadi suatu trade off. Tapi, hal tersebut ada upgrade di display dan kamera, sehingga bisa menjaga harga tetap di bawah 2 juta. Kalau melihat dengan merk lain yang ada NFC, harganya di atas 2 juta dan lebih mahal. NFC ada di segmen smartphone Redmi note pro series yang masih terjangkau.

Xiaomi masih mengeksplore lagi dengan ingin menambahkan NFC di segmen entry level.

Poco F2 Pro dan Inovasi yang Hadir di Indonesia

Kenapa Poco F2 Pro menggunakan pop up camera?
Poco mengincar segemen tertentu, salah satunya adalah tech enthusiast. Poco lebih fokus ke performance, sedangkan Redmi lebih menyeluruh ke segala aspek. Pop up camera bukan untuk semua kalangan, namun pop up camera di Poco F2 Pro berguna untuk mengejar fullscreen sehingga meningkatkan kenyamanan dalam bermain. Poco dengan kamera pop up juga bertujuan agar desain smarphone Poco terlihat berbeda dengan desain smartphone lainnya.

Perbedaan dari poco dan Mi?
Poco focus ke performance terutama gaming. Sedangkan Mi menjadi smartphone muktahir yang mengedepankan teknologi, desain terbaik dan inovasi terbaru. Mi 10 memiliki desain premium, sehingga pengalaman penggunanya pasti berbeda dengan pengguna Poco

Dianalogikan, poco itu memiliki kesan geeky sedangkan Mi mengedepankan kedewasaan.

Target spesifik dari Redmi 9 dan PocoF2 Pro
Smartphone Redmi menyasar kebutuhan di segala aspek dengan harga terjangkau dengan spek yang mumpuni. Sedangkan smartphone Poco menjadi spesifik bagi pengguna yang suka performa.

Apakah fitur 5G di PocoF2 Pro unlock?
Poco F2 Pro menggunakan teknologi 5G ready. Sehingga bisa menggunakan jaringan yang berbasis 5G. Namun, hal tersebut mengikuti dengan aturan pemerintah yang berlaku.

Kenapa PocoF2 Pro tidak memiliki layar dengan refresh rate 90Hz?
Karena PocoF2 Pro tidak ingin membunuh seri di atasnya. Jika ingin memiliki layar 90Hz bisa ke Mi 10. Poco hanya fokus ke performa, bagi pengguna yang ingin memiliki experience lebih, bisa ke Mi 10.

Geng Jawara?

Apakah poco f2 termasuk “geng jawara”?
Dari posisi produk, redmi 9 note 9 note 9 pro memiliki beberapa kesamaan yang disebut sebagai geng jawara. Sedangkan Poco F2 Pro berbeda, posisinya sebagai flagship killer, seri di atas redmi series. Dan dilihat dari market share, Redmi dan Poco berbeda. Pasar Redmi lebih luas daripada Poco.

Kenapa butuh 2 tahun untuk membawa Pocop kembali?
Pocophone menjadi populer di tahun pertama, membawa efek yang luarbiasa. Xiaomi menunggu waktu yang tepat agar membawa kembali pocophone karena dianggap mengganggu pasar smartphonenya sendiri.

Dan kali ini dipastikan akan membawa produk yang terbaik untuk para enthusiast. Xiaomi berharap setelah Pocophone kembali, semoga pasar indonesia bisa excited dengan produknya.

MIUI 12 pakai banyak animasi, apakah berefek ke baterai?
Untuk mendukung segala animasi yang ada, Xiaomi menggunakan teknologi khusus yang dapat membuat animasi yang menarik tanpa membebani hardware dan user experience.

Bagaimana cara membuat Poco F2 Pro tidak Ghoib?

Produk xiaomi pada saat ini mendapat supplai yang lebih baik. Xiomi menaikkan kapasitas produksi seiring dengan tingginya permintaan konsumen. Yang menjadi kesulitan adalah mengukur berapa banyak supplai yang harus dibawa ke pasaran sesuai dengan market share yang ada.

Bagaimana posisi Poco, Xiaomi, dan Redmi di Indonesia?
Xiaomi memiliki target pengguna yang haus akan teknologi. Mi series sebagai flagship series dengan teknologi, desain dan pengalaman yang paling tinggi.

Sedangkan Redmi menjadi produk yang bisa di segala aspek, harga terbaik, fungsional, dapat diandalkan, spesifikasi menarik, dan dapat digunakan sehari-hari. Redmi dan Mi hadir dengan harga terbaik di kelasnya. Poco adalah brand berbeda dan bukan produk series dari xiaomi.

Apakah redmi 8 terganggu dengan munculnya Redmi 9?
Tidak, karena redmi 9 hadir dengan segmen harga yang berbeda dengan redmi 8, dan experience dari redmi 9 lebih baik.

Mengapa meggunakan RAM dengan LPDDR5?

Karena untuk mengejar performa gaming yang terbaik karena poco dirancang untuk performa terbaik.

Setelah sesi tanya jawab selesai, pihak moderator mengadakan kompetisi kuis kecil-kecilan yang berhadiah Redmi 9 dan TWS melalui aplikasi Kahoot!.

Tak lupa, moderator juga melakukan aksi foto bersama dengan partisipan yang hadir dalam press conference tersebut.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.