Gmail dan Google Drive Down di Seluruh Dunia, Tidak Bisa Upload File

Teknologi 20 Agt 2020

Tahun 2020 ini dipenuhi dengan perubahan zaman, seperti pekerjaan yang mulai secara digital dengan memanfaatkan layanan seperti Dropbox, Gmail, Google Drive, dan Zoom.

Oleh karena itu, gangguan dalam bentuk kecil pun akan langsung ketahuan, terutama pada waktu seperti ini yang serba melalui internet.

Hal itu telah terjadi kepada dua layanan utama Google, yaitu Google Mail (Gmail) dan Google Drive. Para pengguna yang bukan hanya di Indonesia saja melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengunggah file ke dua layanan tersebut.

Tidak Bisa Upload File, Ada Apa?

Pada saat para pengguna memilih satu atau lebih file untuk diunggah dalam bentuk attachment, paka progress bar tidak akan berubah dan stagnan.

Seiring waktu, ada beberapa pengguna yang sudah dapat upload namun hal ini masih cukup jarang. Sehingga, gangguan ini sangat terasa bagi yang sedang melakukan pekerjaan mereka atau sekadar sedang menggunakan layanan tersebut.

Pengguna dari Indonesia juga tidak dapat menunggah file, sehingga dapat dipastikan bahwa ini bukan masalah server lokal.

Misalnya, #MedForSquad sudah mencoba berkali-kali untuk menunggah file dalam berbagai macam format ke dua layanan Google tersebut.

Kemudian, hal yang sama terjadi dengan yang dikeluhkan para netizen di Twitter mengenai Gmail dan Google Drive down.

Gangguan ini setidaknya dilaporkan dari pukul 13.30 atau lebih dan semakin banyak pengguna yang menuliskan keluh kesah mereka di Twitter.

Gmail dan Google Drive Down, Bagaimana Tanggapan Google?

Saat ini Google sedang berusaha untuk menyelesaikan sekaligus melakukan investigasi mengapa gangguan ini dapat terjadi.

Kami juga mengetahui bahwa layanan lainnya seperti Google Meet, Google Docs, dan bahkan YouTube juga mengalami gangguan yang sama. Para pengguna sama-sama mengeluh tidak dapat menunggah file apapun ke layanan raksasa Amerika Serikat ini.

Sekarang #MedForSquad mulai dapat menunggah file ke layanan email Google, namun hal yang sama tidak terjadi pada Google Drive.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast