Gunakan Minecraft, Prosesi Wisuda ke-121 ITS Tarik Perhatian Netizen

Gaming Agt 03, 2020

Wabah COVID-19 yang melanda berbagai negara di dunia termasuk Indonesia memaksa penundaan dan pembatalan berbagai event besar. Beberapa tempat wisata, pusat-pusat perekonomian, serta sarana pendidikan pun juga terpaksa ditutup untuk mengatasi penyebaran virus ini. Alhasil berbagai pelaksanaan kegiatan, termasuk di bidang pendidikan menjadi terganggu. Prosesi wisuda di berbagai sekolah dan perguruan tinggi pun terpaksa ditunda ataupun dilaksanakan secara online.

Meskipun begitu, wabah ini  tak menjadi halangan bagi sebagian orang ataupun lembaga untuk berkreasi, seperti yang dilakukan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya, Jawa Timur. Sama seperti beberapa perguruan tinggi lainnya, ITS juga melaksanakan prosesi wisuda secara online. Namun yang menjadikannya unik adalah salah satu sesi wisudanya yang menampilkan game Minecraft.

Dalam video yang diunggah oleh saluran YouTube resmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember terlihat sesosok player Minecraft yang memasuki sebuah aula yang besar dengan logo ITS di tengahnya yang dibuat dengan berbagai macam block berwarna. Sang player tersebut pun naik ke atas panggung dan mendapatkan “ijazah virtual” serta ucapan selamat dari Kepala Departemen, Dekan, dan Rektor ITS sambil diiringi Mars ITS.

Sontak prosesi wisuda online yang unik ini berhasil menarik perhatian netizen di dunia maya. Sesi komentar di video tersebut juga mulai dipenuhi cuitan netizen terkait Minecraft. Hingga berita ini ditulis, video dengan durasi hampir 3 jam tersebut telah ditonton sebanyak 8.349 kali dengan jumlah like 427 dan 23 komentar.

Untuk sesi wisuda yang menampilkan Minecraft sendiri dapat dilihat pada menit ke 22:35 dalam video berikut.

Juga Dilakukan di Jepang

Prosesi wisuda dengan menggunakan game Minecraft sebagai sarananya ternyata tidak hanya dilakukan di Indonesia. Sebelumnya, salah satu postingan dari akun Twitter @backyennew pada 16 Maret lalu juga menampilkan sebuah prosesi wisuda dengan Minecraft yang dilakukan oleh sekelompok siswa di Jepang. Postingan ini pun juga berhasil menarik perhatian netizen di dunia maya.

Bagaimana menurut MedForians? Apakah ingin juga melaksanakan “wisuda online” di dalam game Minecraft? Atau ada game lain yang bisa jadi referensi? Yuk coret-coret di kolom komentar.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.