Pasca Penangkapan Komikusnya, Shueisha Berhentikan Manga Act-Age

Pop Kultur Agt 11, 2020

Akun Twitter resmi untuk majalah Shueisha Weekly Shonen Jump telah mengumumkan pada hari Senin (10/8) bahwa perilisan manga karya Tatsuya Matsuki dan ilustrator Shiro Usazaki, Act-Age telah diberhentikan. Bab yang akan terbit dalam edisi gabungan ke-36 dan ke-37 pada hari Selasa esok (11/8) akan menjadi bab terakhir.

Dilansir dari Crunchyroll dan Anime News Network, layanan Shueisha Manga Plus pada hari Sabtu (8/8) juga mengumumkan bahwa mereka tidak akan menerbitkan bab terakhir di platformnya. Layanan ini juga telah merilis sebuah surat pernyataan sebagai berikut.

“Matsuki Tatsuya, penulis Act-Age ditangkap pada 8 Agustus 2020.

Departemen editorial menanggapi situasi ini dengan sangat serius, dan setelah mengkonfirmasi masalah dan mendiskusikannya dengan Shiro Usazaki Sensei, artis serial ini, kami sampai pada kesimpulan bahwa tidak mungkin melanjutkan serialisasi. Bab yang ada di edisi gabungan 36/37 dari Weekly Shonen Jump akan menjadi bab terakhir.

Sangat disayangkan harus mengakhiri seri yang telah menerima begitu banyak dukungan dari begitu banyak pembaca dengan cara ini. Namun, keputusan ini dibuat karena sifat kejadiannya, dan karena Weekly Shonen Jump mengakui bobot tanggung jawab sosialnya.

Kami menyesal dan meminta maaf yang terdalam kepada para pembaca. Ini adalah waktu yang sulit bagi Sensei Usazaki, tetapi bagian editorial menawarkan Sensei Usazaki dukungan dan dorongan kami untuk karya-karya selanjutnya.

Informasi tentang volume graphic novel dan publikasi serta acara terkait akan diumumkan setelah diputuskan.

Matsuki dan Usazaki sendiri merilis manga Act-Age di majalah Weekly Shonen Jump pada Januari 2018. Viz Media kemudian merilis 3 chapter pertama berbahasa Inggris bersamaan dengan perilisan di Jepang. Manga ini kemudian mendapatkan versi digitalnya pada Desember 2018.

Manga ini juga dinominasikan untuk Manga Awards tahunan ke-43 Kodansha tahun lalu dan menginspirasi drama panggung yang akan tayang perdana pada 2022.

Kronologi singkat

NHK melaporkan pada hari Sabtu (8/8) bahwa penulis cerita manga Act-Age, Tatsuya Matsuki ditangkap karena dicurigai telah melakukan tindakan pencabulan kepada seorang siswi sekolah menengah.

Menurut keterangan polisi, ia melakukannya saat gadis itu berada di wilayah Nakano, Tokyo pada 18 Juni sekitar pukul 20.00 malam.

Sang gadis yang melarikan diri dengan menggunakan sepeda langsung melaporkan kepada kantor polisi terdekat. Melalui penyelidikan pada kamera CCTV terlihat pula kasus serupa dengan korban berbeda yang melibatkan tersangka mirip Matsuki.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.