STO Terbakar, Jaringan Indihome dan Telkomsel Sumatra Langsung Lemot

Teknologi Agt 12, 2020

fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom, tepatnya di area Plasa Telkom Pekanbaru terbakar pada hari Selasa (11/08) sekitar pukul 15.00 WIB

Berada di Jalan Jenderal Sudirman, api yang menggelora di tempat tersebut segera dipandamkan oleh pihak berwenang. Kurang dari 1 jam, api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Namun, akibat kejadian ini, layanan Telkomsel di wilayah Sumatera bagian Utara dan Tengah, serta Indihome di wilayah sekitar Pekanbaru mengalami gangguan.

Layanan seperti telepon, SMS, hingga internet operator Telkomsel terganggu, hingga dikeluhkan sejumlah pelanggan.

Foto terbakarnya fasilitas STO Telkom Pekanbaru (Sumeks)

Gangguan diakibatkan oleh kerusakan peralatan akibat terbakar fasilitas yang menunjang alat-alat telekomunikasi penunjang. Dikutip dari Liputan 6, kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

Menurut Kepala Damkar dan BPBD Pekanbaru Burhan Gurning, api diduga berasal dari lantai dua gedung Telkom. Pihak TelkomGroup saat ini sedang melakukan mitigasi dan proses pemulihan sistem.

Permintaan maaf disampaikan oleh Vice President Corporate Communication Telkom Denny Abidin dari Jakarta, sebagaimana dikutip dari Merdeka.com. Ia meminta maaf atas terganggunya sejumlah layanan akibat kejadian tersebut.

“Disamping itu juga kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pemulihan peristiwa ini serta kepada pelanggan yang senantiasa setia pada layanan TelkomGroup,” tambahnya.

Denny menambahkan saat ini tim teknis Telkomsel masih berupaya maksimal untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal kembali. Informasi lebih lanjut terkait pemulihan layanan akibat peristiwa terbakar ini akan dikabarkan secara berkala nantinya.

Diperkirakan gangguan akan memakan waktu sepekan.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.