Apa Saja yang Baru di Apple Event September 2020?

Teknologi Sep 16, 2020

Seperti halnya ajang WWDC beberapa bulan lalu, Apple Event tahun ini diselenggarakan dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Seperti biasanya, Apple selalu memperkenalkan beberapa perangkat baru di ajang ini. Namun untuk ajang kali ini tidak ada iPhone baru yang diperkenalkan. Kira-kira apa saja perangkat (dan layanan!) yang diluncurkan? Simak artikel ini yuk!

Kumpulan Apple Watch Baru

Perangkat jam tangan pintar ini telah mencapai seri yang ke-6. Apple Watch kini dirancang tak hanya sebagai wearable device namun juga untuk mendorong gaya hidup sehat bagi penggunanya.

Tak hanya Apple Watch Series 6, perusahaan teknologi asal California ini juga memperkenalkan Apple Watch SE yang harganya lebih terjangkau.

Apple Watch Series 6

Apple Watch Series 6 memperkenalkan fitur pengukur kadar oksigen darah. Dengan fitur ini, pengguna Apple Watch dapat mengetahui apakah mereka mendapatkan oksigen yang cukup atau tidak.

Fitur pengukur oksigen tersebut menggunakan lampu LED yang ada di belakang Apple Watch untuk mendeteksi refleksi warna dari darah yang kemudian dikirimkan ke aplikasi Blood Oxygen dengan algoritma khusus.

Jam pintar ini juga dilengkapi dengan sensor altimeter, untuk mendeteksi ketinggian posisi penggunanya. Apple menyebutkan sensor ini berguna dalam aktivitas pendakian gunung, dan ditenagai oleh prosesor yang didasari dari Apple A13 Bionic milik iPhone 11, serta layar Retina Display yang 2,5x lebih terang dari generasi sebelumnya.

Apple Watch Series 6 dibanderol mulai dari $399 untuk versi tanpa kemempuan seluler, dan $499 untuk versi dengan seluler.

Apple Watch SE

Rangkaian Apple Watch SE yang menampilkan berbagai "watch face"
Apple Watch SE

Nampaknya Apple mulai menggunakan strategi yang sama dengan lini iPhone-nya. Mereka "menjual kembali" produk yang sama dengan desain dan jeroan yang lebih segar. Ya, inilah Apple Watch SE.

Apple menyebutkan jam tangan ini akan memiliki fitur dasar dan sensor yang hampir sama dengan Series 6, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Yakni $279 untuk versi tanpa seluler, dan $329 untuk versi dengan seluler.

Kedua jam tangan tersebut kini dihubungkan dengan port USB-C. Di saat yang bersamaan, Apple juga mengumumkan mereka tidak lagi menyediakan charger USB dalam setiap pembelian Apple Watch. Apple menyebutkan langkah ini diambil demi konservasi lingkungan dan mengurangi jejak karbon yang ditimbulkan selama memproduksi perangkat mereka. (yes, Apple would totally said that)

Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE juga menawarkan rangkaian model gelang, mulai dari model standar, rajutan, seri Nike, hingga seri premium Hermes. Kedua jam tangan tersebut akan mendapatkan update watchOS 7 baru dengan sekumpulan watch face baru.

iPad Baru Untuk Rayakan Hari Jadi ke-10

Dalam rangka merayakan 10 tahun diluncurkannya iPad, Apple memperbarui lini iPad lain selain iPad Pro. iPad Reguler kini telah mencapai generasi ke-8, dan iPad Air yang menjadi "bintang utama" Apple Event kali ini.

iPad 8th Gen

iPad generasi ke-8

Tidak ada yang terlalu spesial untuk generasi terbaru iPad ini. Satu-satunya peningkatan yang diberikan Apple hanya prosesor "baru", Apple A12 Bionic. Dengan layar Retina Display sebesar 10.2 inci, tablet ini diklaim dapat bertahan sehari penuh.

Oleh karenanya wajar jika iPad 8th dibanderol mulai dari $329 untuk versi WiFi dan $459 untuk versi WiFi+Seluler. Apple memberikan harga spesial yakni mulai dari $299 untuk kalangan pendidikan.

Tablet ini dapat dipesan mulai hari ini dan tersedia mulai Jumat (18/9) waktu setempat.

iPad Air, the Real Star of the Show

Kalau kalian melihat logo Apple Event kali ini, dan kemudian kalian melihat wallpaper yang dipakai di iPad Air, tentu saja sudah jelas perangkat inilah yang jadi bintang utama.

iPad Air kini diperbarui dengan prosesor paling gahar dari Apple, A14 Bionic. Prosesor ini memiliki arsitektur 5-nanometer, paling kecil dari prosesor lain.

Prosesor ini memiliki 11,8 milyar transistor di dalamnya. Apple mengklaim A14 Bionic dengan 6 inti tersebut 40% lebih cepat dari generasi prosesor sebelumnya.

iPad Air memiliki desain baru dan tetap tipis. Dengan Layar 10.9 inci, iPad Air kini mirip seperti iPad Pro dengan bezel tipis. Desain ini membuat fitur Touch ID dipindah ke tombol power. (mungkin fitur ini akan diterapkan juga di iPhone?)

iPad Air memiliki modul kamera yang sama seperti iPad Pro, dengan sensor 12MP untuk kamera belakang dan 7MP untuk kamera depan. Seperti halnya Apple Watch, iPad Air juga memiliki konektor USB-C.

Tablet ini dibanderol dengan harga mulai $599 untuk versi WiFi dan $729 untuk versi WiFi+Seluler. iPad Air kini memiliki beragam pilihan warna seperti silver, space gray, rose gold, green, dan sky blue.

Apple Fitness+ dan Apple One

Tak hanya perangkat baru, dalam ajang kali ini Apple juga memperkenalkan layanan baru, Apple Fitness+.

Apple Fitness+ memungkinkan penggunanya mendapat konten pelatihan olahraga, workout, yoga, hingga kardio. Lengkap dengan integrasi Apple Watch untuk memantau progres kesehatan, dan Apple Music untuk menikmati musik selagi berolahraga.

Ya, pembeli Apple Watch akan mendapatkan akses gratis ke Apple Fitness+ selama 3 bulan.

Dengan banyaknya layanan yang diluncurkan oleh Apple belakangan ini, Apple kini meluncurkan Apple One. Bundel layanan Apple dengan satu harga standar. Pengguna tidak perlu berlangganan ke iCloud, Arcade, Music, News+, tv+, dan Fitness+ secara terpisah lagi.

Apple One memiliki beberapa pilihan paket:

  • Individual termasuk Apple Music, Apple TV+, Apple Arcade, dan penyimpanan 50GB iCloud seharga $14.95 per bulan.
  • Family termasuk Apple Music, Apple TV+, Apple Arcade, dan penyimpanan 200GB iCloud seharga $19.95 per bulan, dan dapat dibagi dengan 6 anggota keluarga.
  • Premier, jika tersedia, termasuk Apple Music, Apple TV+, Apple Arcade, Apple News+, Apple Fitness+, dan penyimpanan 2TB iCloud seharga $29.95 per bulan, dan dapat dibagi dengan 6 anggota keluarga.

Meski tidak ada iPhone dalam Apple Event kali ini, berbagai perangkat dan layanan baru dari Apple menambah pilihan bagi konsumen, terutama di saat genting seperti sekarang.

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.