Benarkah Genshin Impact Disusupi Spyware? Ini Tanggapan miHoYo

Gaming Sep 28, 2020

Game RPG open world terbaru dari miHoYo, Genshin Impact telah rilis secara global hari ini di berbagai platform. Banyak pemain yang mulai menikmati game ini, namun tak sedikit yang ingin mencoba namun memiliki keterbatasan dalam spesifikasi perangkat.

Di tengah gegap gempita para Traveler, sebutan pemain game ini, mencoba serunya Genshin Impact, ada beberapa pemain yang merasa dihantui oleh file mhyprot2.sys.

File ini ditemui tetap berada di folder Temp di Windows setelah Genshin Impact di-uninstall dari sistem. File ini diduga-duga adalah malicious file bahkan spyware oleh beberapa pengguna.

File mhyprot2.sys atau miHoYo Protect sendiri adalah sistem anti-cheat yang dibenamkan ke dalam game ini. File ini bertujuan untuk mendeteksi jika Traveler menggunakan program yang dicurigai sebagai cheat.

Program yang dibenamkan ke level kernel ini terinstal di folder Temp, bersamaan dengan instalasi game ini.

Tujuannya baik sebenarnya, mencegah Traveler melakukan tindakan kecurangan. Tentu setiap game daring untuk PC akan membenamkan program serupa.

Namun, masalah dimulai ketika pemain keluar dari game ini. Dikabarkan program ini bakal terus berjalan di balik layar, bahkan saat game ini telah dicopot instalasinya. Ini sebenarnya adalah hal wajar karena file .sys adalah file "driver" yang berjalan bersamaan saat OS dimulai.

Temuan ini sudah beredar sejak game ini masih dalam tahap OBT. Mulai dari Twitter hingga berujung ke forum Reddit resmi untuk game ini. Para Traveler juga memberi saran dan masukan kepada pihak miHoYo. Saat berita ini ditulis, pos Reddit dari temuan ini dalam status telah dihapus.

Dalam pernyataannya, tim pengembang Genshin Impact menyatakan mereka akan terus berusaha menyediakan lingkungan permainan yang adil dan aman, serta menjaga kenyamanan bermain semua Traveler. Mereka mengharapkan agar setiap Traveler dapat menaati peraturan permainan, bermain secara sehat, saling mengawasi, dan bersama-sama menjaga lingkungan permainan yang adil dan nyaman.

Traveler juga dapat melaporkan kepada tim jika mendapati akun lain yang mencurigakan melalui halaman Masukan dalam game. Jika ditemukan, mereka akan diberi sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku.

Traveler yang tidak melanggar namun mendapati bahwa status akun berubah menjadi tidak normal dapat mengajukan banding melalui email ke: genshincs_id@mihoyo.com .

Tidak hanya Genshin Impact yang menggunakan kernel-level anti-cheat. Game besar lain seperti Valorant juga menggunakan fitur serupa pada software VanGuard miliknya.

Meskipun demikian, ada baiknya tetap berhati-hati dan terus menjalankan program antivirus untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.