CNN Hentikan Operasi Kanal YouTube Great Big Story Setelah 5 Tahun Beroperasi

Media Okt 01, 2020

Great Big Story, sebuah kanal YouTube yang memproduksi seri video mini dokumenter dan film pendek resmi menutup operasinya per hari ini (30/9 waktu AS).

Meski secara tidak langsung disebutkan, alasan Great Big Story terpaksa menutup operasinya adalah efek dari pandemi COVID-19. Beberapa sumber internal pun menyebutkan pandemi ini berdampak besar bagi bisnis media pada umumnya.

Hal ini langsung disampaikan melalui twit resminya.

Pengumuman tersebut juga disampaikan melalui video terakhir yang berjudul "We'll Miss You" diunggah ke kanal YouTube-nya hari ini.

Dikutip dari postingan Medium-nya, video yang telah diunggah di kanal YouTube mereka tidak akan dihapus dan tetap dapat disaksikan.

Kanal YouTube Great Big Story sendiri saat ini telah memiliki 5 juta subscriber dan telah memenangkan penghargaan Emmy.

Kanal ini didirikan oleh Andrew Morse dan Chris Berend pada tahun 2015 sebagai perusahaan di bawah payung CNN. Dengan tujuan menjadi alternatif platform video bagi milenial seperti BuzzFeed.

Great Big Story tidak dapat bertahan di tengah kondisi pandemi seperti sekarang. Diperkirakan 30 posisi pekerja di kanal ini terdampak akibat penutupan operasi ini.

Kejadian ini juga merupakan salah satu dampak restrukturisasi yang dilakukan oleh perusahaan induk CNN, WarnerMedia. Sebulan sebelumnya, WarnerMedia  juga merumahkan kurang lebih 800 pekerja di HBO dan Warner Bros.

Sebagai pengingat, AT&T membeli Time Warner yang juga memiliki perusahaan-perusahaan tersebut senilai $85 Miliar.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.