G Suite Kini Menjadi Google Workspace, Turut Luncurkan Ikon Aplikasi Baru

Teknologi 7 Okt 2020

Setelah kemarin Bing berubah menjadi Microsoft Bing, kini giliran paket aplikasi produktivitas Google – G Suite – yang berubah nama menjadi Google Workspace.

Google mengumumkan hal ini pada postingan blognya. Google mengatakan perubahan ini dimaksudkan untuk mengintegrasikan berbagai produk Google ke  dalam satu suite. Selama ini, produk seperti Docs, Mail, Drive, Meet, dsb. merupakan aplikasi yang berdiri sendiri, namun terintegrasi. Google ingin menghadirkan pengalaman yang lebih fleksibel dan lebih terhubung antar satu produk dengan yang lain. Sehingga, terciptalah suatu ekosistem kerja yang terpusat dan lebih terintegrasi lagi.

Tak hanya itu, Google juga mengubah logo produk-produknya itu agar lebih seragam, yang tentu tidak jauh dari 4 warna dasar Google: merah, kuning, hijau, dan biru. Jika sebelumnya logo Gmail hanya berwarna merah dan putih, kini Gmail ikut kecipratan logo dengan 4 warna itu. Lambang amplop khas aplikasi surel ini masih terlihat meskipun lebih dominan nampak seperti huruf M.

Bukan hanya logo saja, untuk antarmuka pengguna dan pengalamannya juga turut diubah. Tak perlu membuka tab baru, semua bisa dilakukan dalam satu jendela aplikasi saja. Bukan hal yang baru memang mengingat Microsoft sudah lebih dulu melakukannya. Namun, Google tampaknya lebih ambisius, dengan melakukan hal yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya.

Mengingat kondisi sekarang dimana orang lebih banyak bekerja dari rumah, barangkali langkah yang diambil Google ini dapat membantu memudahkan pekerjaan.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.