Jaksa Penuntut Umum Siap Vonis Pelaku Pembakaran KyoAni Pertengahan Bulan Ini

Pop Kultur 12 Des 2020

Jaksa penuntut umum Jepang mengkonfirmasi pada hari Kamis (10/12) bahwa mereka akan mendakwa Shinji Aoba, seorang pria berusia 42 tahun yang ditangkap karena dicurigai sebagai pelaku pembakaran Gedung Studio 1 Kyoto Animation yang menewaskan 36 orang dan melukai 33 lainnya pada Juli 2019. Jaksa penuntut umum berencana untuk mendakwanya pada 16 Desember nanti.

Dilansir dari Anime News Network, surat kabar harian Mainichi mengabarkan para ahli sepakat bahwa Shinji Aoba secara  mental telah kompeten untuk diadili dan mempertanggung jawabkan perbuatannya tersebut. Surat kabar Asahi Shimbun juga melaporkan bahwa Kantor Kejaksaan Umum Distrik Kyoto akan membuat keputusan akhir setelah berkonsultasi dengan Kantor Kejaksaan Tinggi.

Polisi menahan Shinji pada akhir Mei lalu, 10 bulan setelah peristiwa pembakaran. Setelah berkonsultasi dengan pihak kesehatan, pihak kepolisian memutuskan untuk menunggu sampai pria tersebut pulih dari luka-lukanya sebelum menahannya dan melakukan penyelidikan. Tersangka sendiri telah mengakui dakwaan atas perbuatannya pada Mei lalu dan berkata, “Saya pikir saya akan dapat membunuh banyak orang jika saya menggunakan bensin”.

Menurut laporan pihak kepolisian sebelumnya, tersangka menuduh Kyoto Animation “mencuri novelnya”. Polisi menemukan bahwa tersangka telah mengirimkan beberapa cerita ke Kyoto Animation, namun pihak studio membantah semua itu. Sumber investigasi juga menyatakan bahwa mereka tidak menemukan kesamaan proyek anime studio tersebut dengan karya Shinji.

Pada 18 Juli 2019, kebakaran besar terjadi di Gedung Studio 1 Kyoto Animation. Peristiwa ini menewaskan 36 orang dan melukai 33 lainnya. Kepolisian Prefektur Kyoto berhasil menangkap tersangka yang diduga menggunakan bensin untuk membakar studio itu. Tersangka diduga telah membeli 40 liter bensin dalam dua tabung dan menggunakan gerobak untuk mengangkut bensin tersebut ke Gedung Studio 1. Gedung itu sendiri telah dibongkar pada 28 April lalu, sementara Kyoto Animation membuka lowongan pekerjaan lagi pada bulan Juli.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.