Setelah 11 Tahun, Manga Attack on Titan Tamat 9 April Mendatang

Pop Kultur 5 Jan 2021

Publisher Kodansha mengumumkan pada hari Selasa (5/1) bahwa seri manga legendaris karya Hajime Isayama, Shingeki no Kyojin atau dikenal pula sebagai Attack on Titan akan tamat pada 9 April mendatang di majalah Kodansha Bessatsu Shonen. Manga ini akan mencapai akhirnya pada volume ke-34 setelah 11 tahun perilisannya.

Dilansir dari Anime News Network, Isayama juga mencatat sejak 8 tahun lalu bahwa manga ini akan tamat dalam 3 tahun lagi, namun ia memutuskan untuk mengakhiri manga tersebut pada tahun ini sesuai apa yang telah dijanjikannya. Ia menekankan bahwa panjang manga tidak dirubah sedikitpun oleh editor, namun pertanyaan “kapan akan berakhir?” sering muncul pada akhir-akhir ini. Ia berharap para penggemar akan menikmati manga tersebut hingga akhir, dan berjanji untuk melakukan yang terbaik sampai chapter penutup.

Kodansha juga mengatakan bahwa banyak proyek sedang disiapkan untuk kesimpulan dari manga dan mencatat sebanyak lebih dari 100 juta eksemplar telah beredar di seluruh dunia. Sementara itu Isayama pada November lalu sempat mengatakan bahwa manga tersebut hanya tersisa 1% sampai 2% lagi sebelum tamat.

Isayama meluncurkan manga Attack on Titan via majalah Kodansha Bessatsu Shonen pada tahun 2009. Kodansha Comic menerbitkan manga ini dalam versi bahasa Inggris secara cetak dan digital. Sementara itu, Level Comics menerbitkan manga ini dalam versi bahasa Indonesia.

Manga ini lalu mendapatkan adaptasi serial anime. Musim pertamanya tayang pada April 2013, sedangkan musim kedanya tayang pada April 2017. Musim ketiganya tayang pada Juli 2018 dan April 2019. Sementara musim terakhirnya, Attack on Titan The Final Season tayang sejak 7 Desember lalu dan akan berlangsung selama 16 episode.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.