Apple Car Versi Awal akan Dirancang sebagai Mobil Swakemudi (Update: Tidak Diproduksi Oleh Hyundai dan Kia)

Teknologi 8 Feb 2021

UPDATE (7/2): Hyundai dan Kia mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan memproduksi mobil swakemudi untuk Apple.

Mengikuti laporan sebelumnya dari surat kabar Korea DongA, CNBC "menguatkan" kemitraan Apple dengan Hyundai untuk proyek mobil pertama produksi Apple. Menurut laporan baru tersebut, kedua perusahaan hampir menyelesaikan kesepakatan besar yang akan mengarah pada pembuatan "Apple Car" yang telah lama dirumorkan.

Pada bulan lalu, pabrikan otomotif asal negeri ginseng itu mengkonfirmasi bahwa mereka sedang melakukan pembicaraan dengan Apple, meski tidak mengungkapkan alasan di baliknya. Saat itu, rumor menyebutkan bahwa Kia Motors (yang juga satu induk dengan Hyundai) akan membantu Apple memproduksi Apple Car.

Sebuah laporan baru dari CNBC yang redaksi kutip dari 9to5Mac mengatakan bahwa Apple Car akan diproduksi di fasilitas Kia di West Point, Georgia. Apple dan Hyundai hampir mencapai kesepakatan, yang bisa bernilai sekitar $ 3,6 miliar, menurut sebuah surat kabar Korea. Jika rumornya benar, produksi kendaraan listrik pertama Apple akan dimulai pada 2024.

Meskipun Hyundai telah menjadi partner utama Apple dalam pengembangan Apple Car, Apple juga sedang bernegosiasi dengan pabrikan mobil lain.
"Apa yang disebut "Apple Car", yang sedang dikembangkan oleh sebuah tim di Apple, untuk sementara dijadwalkan untuk mulai diproduksi pada tahun 2024, meskipun orang-orang yang mengetahui pembicaraan antara Apple dan Hyundai-Kia mengatakan peluncuran akhirnya dapat ditunda.

Selain itu, mereka menekankan bahwa Apple pada akhirnya dapat memutuskan untuk bermitra dengan produsen mobil lain secara terpisah atau selain bekerja sama dengan Hyundai."

Dirancang sebagai Mobil Fully-Autonomous

Menariknya, laporan tersebut mengklaim bahwa kendaraan listrik pertama Apple akan sepenuhnya otonom. Sebuah sumber yang akrab dengan masalah ini mengatakan bahwa “Apple Mobil tidak akan dirancang untuk memiliki sopir.” Seperti yang ditunjukkan oleh laporan tersebut, mobil yang tidak dibuat untuk pengemudi pada awalnya dapat ditargetkan untuk perusahaan angkutan atau pengantaran mobil, bukan untuk konsumen biasa.

"Ini akan menjadi kendaraan listrik otonom yang dirancang untuk beroperasi tanpa pengemudi dan fokus pada jarak tempuh terakhir. " Itu bisa berarti mobil Apple, setidaknya pada awalnya, bisa fokus pada operasi pengiriman makanan paket dan perusahaan yang menggabungkan robotaxis."

Memiliki mobil yang sepenuhnya otonom bukanlah tidak mungkin, tampaknya merupakan rencana yang sangat ambisius - terutama jika kita mempertimbangkan jadwal peluncurannya dalam 3-4 tahun.

Rumor pertama tentang Apple Car dimulai dari tahun 2015, dan sejak itu, Apple telah merekrut insinyur mobil dan mengakuisisi perusahaan rintisan yang terkait dengan bisnis mobil listrik. Namun, perseroan belum pernah membahas rencananya membangun mobil baru di depan umum.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.