Kunjungi Kuil Yasukuni, Seiyu Ai Kayano Banjir Hujatan dari Netizen China

Pop Kultur Feb 15, 2021

Pengisi suara Ai Kayano baru-baru ini mendapatkan banyak kecaman keras, khususnya dari para netizen China. Hal ini terjadi setelah kunjungannya ke Kuil Yasukuni di Tokyo.

Dilansir dari Global Times, pengisi suara Ai Kayano menuai kontroversi setelah dirinya mengatakan dalam sebuah siaran pada 11 Februari lalu bahwa dirinya sedang mengunjungi kuil yang berada di Chiyoda City tersebut. Ai menganggap bahwa kunjungannya merupakan kunjungan yang “nyaman” dengan udara yang segar disana.

Kuil Yasukuni sendiri merupakan kuil paling kontroversial di Jepang karena disana mereka dinilai “menghormati para penjahat perang”.

Sontak hal itu pun memancing amarah para netizen China yang menilai kunjungannya tersebut sebagai bentuk penghinaan terhadap korban penjajahan Jepang di masa lalu, khususnya di China.

“Masalah politik tidak bisa dikompromikan. Bagaimana mungkin dia masih menginginkan pasar China tanpa menghormati para penggemar dari China?” Ujar salah satu netizen.

Sebagian netizen China pun menyerukan untuk memboikot seluruh anime yang dibintangi oleh Ai Kayano, namun sebagiannya lagi menganggap hal itu terlalu berlebihan. Ai Kayano sendiri telah menghapus siaran kontroversialnya tersebut yang sempat diunggah di saluran YouTube dan Twitter resminya.

Kontroversi Kuil Yasukuni

Mengutip dari Adventure Tour & Travel, Kuil Yasukuni sendiri memang terlihat seperti kuil biasa pada umumnya. Namun disana dijadikan sebagai tempat penghormatan bagi “para pahlawan perang”, yang dimana dalam sejarah Korea Selatan dan China merupakan “para penjajah”. Adapun gelar pahlawan tersebut dinobatkan kepada mereka karena dianggap telah berkorban demi kaisar, terlepas dari apa yang telah mereka lakukan atas nama kaisar seperti membantai dan menjajah bangsa lain. Diyakini para pelaku Pembantaian Nanjing 1937-1938 juga dimakamkan disini.

Ai Kayano bukan satu-satunya publik figur yang mendapat kecaman keras setelah mengunjungi kuil kontroversial tersebut. Penyanyi Justin Bieber yang pernah mengunjungi kuil ini pada 2014 lalu juga pernah mendapat kecaman serupa. Bahkan mantan Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi yang mengunjungi kuil ini sebanyak 6 kali memantik amarah warga China yang berujung pelemparan Kedubes Jepang di Beijing oleh demonstran yang marah.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.