Microsoft akan Hapus Edge Legacy di Update Windows 10 Terbaru

Teknologi 7 Feb 2021

Microsoft Edge memang sudah lama mengganti "mesin" nya menjadi Chromium, dan secara default sudah menjadi web browser utama menggantikan yang lama.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa setelah 9 Maret mendatang, dukungan keamanan terhadap browser Microsoft Edge Legacy akan dihentikan. Dan kini, Microsoft benar-benar akan menghapus Edge Legacy pada update terbaru Windows 10.

Kabar ini sempat dibocorkan melalui cuitan akun Twitter Alumia Italia sebagaimana dikutip dari Winpoin. Dalam cuitan tersebut, browser Edge Legacy sudah tidak ada lagi di jajaran aplikasi yang terinstal di Windows 10 Build 21306. Dan bocoran tersebut benar adanya.

Dikutip dari PCMag, update keamanan yang akan meluncur 13 April mendatang akan menghapus Edge versi Legacy, dan akan menggantinya dengan versi baru yang menggunakan Chromium. Update ini bersifat wajib, jadi semua pengguna akan mendapat update keamanan ini.

Bagi yang telah melakukan migrasi ke Edge Chromium tidak akan terkena dampak berarti dari update ini. Versi Legacy dari Edge akan lenyap seketika setelah update terinstal.

Buat pengguna setia Edge, tak perlu bersedih terlalu lama karena Edge Chromium menawarkan optimalisasi yang jauh lebih baik daripada pendahulunya. Jadi, segeralah migrasi ke versi Chromium sebelum update wajib menghampiri pada 13 April nanti.

Masih ada waktu kurang dari sebulan sebelum dukungan keamanan terakhir diberikan, dan 2 bulan kurang untuk mengucapkan selamat tinggal pada browser yang sudah berusia 6 tahun ini.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.