Lagi, Status Darurat Nasional Diperpanjang, Comiket 99 Ditunda

Pop Kultur 8 Mar 2021

Kembali, pasar doujinshi terbesar se-Jepang, Comic Market 99 yang sedianya diadakan tanggal 2-4 Mei nanti harus ditunda. Pihak penyelenggara Comiket sebelumnya telah mempersiapkan pagelaran ini dengan memastikan protokol kesehatan dapat dijalankan. Namun, status darurat nasional yang ditetapkan sejak 7 Januari lalu kembali diperpanjang setidaknya sampai 21 Maret ini.

Belum diketahui tanggal terbaru yang pasti, namun pihak penyelenggara menyatakan bahwa acara ini ditargetkan akan kembali berlangsung pada musim dingin mendatang. Tergantung bagaimana kondisi dan situasi pada saat mendatang.

Rencananya, pada event ini akan diadakan pemberlakuan pembatasan pengunjung. Hal ini tentunya untuk mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan terkait penyebaran virus Covid-19 dalam meminimalisir berkerumunnya banyak pengunjung.

Panitia juga rencananya akan memberlakukan sistem undian atau lotere, dan sistem ini berlaku tidak hanya untuk pengunjung yang ingin menikmati acara, namun juga untuk para cosplayer dan attendant yang ingin membuka stand disana.

Pengumuman ini disampaikan melalui media sosial resmi Comiket, yang disampaikan oleh Kaoru Yasuda, Yoshiyuki Fudetani, dan Koichi Ichikawa sebagai perwakilan penyelenggara. Pihak penyelenggara memohon maaf atas penundaan yang berlangsung untuk kedua kalinya ini.

Dalam masa status darurat ini, acara yang melibatkan banyak orang dibatasi hingga 50% dari kapasitas lokasi acara. Sehingga, amat mustahil mengingat Comiket adalah pasar akbar yang bisa melibatkan hingga 200 ribu orang termasuk seluruh lingkar karya, staf, pengunjung, hingga partisipan lain.

Meskipun ada harapan acara tetap akan berlangsung, namun resiko pembatalan bisa saja terjadi. Penyelenggara berharap agar situasi kembali normal seperti sediakala.

Dengan semakin melandainya angka kasus COVID-19 dan dimulainya vaksinasi di berbagai penjuru dunia, harapan agar Comiket dan event serupa bisa kembali berlangsung juga semakin besar.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.