Nintendo Switch Baru akan Hadir dengan Layar OLED 7 Inch Produksi Samsung

Gaming 4 Mar 2021

Nintendo berencana akan hadirkan model terbaru Switch tahun ini dengan layar OLED berukuran 7 inch. Menurut laporan Bloomberg sebagaimana dikutip dari The Verge, Samsung didapuk sebagai penyedia layar dengan resolusi 720p ini, dan akan mulai diproduksi massal pada Juni mendatang.

Saat ini, layar yang dimiliki Switch merupakan layar LCD berukuran 6,2 inch dengan resolusi 720p. Sementara layar Switch Lite lebih kecil dengan ukuran 5,5 inch, juga dengan resolusi 720p. Banyak gim di Switch yang sulit untuk mencapai resolusi yang lebih tinggi pada mode handheld, sehingga bukan hal yang baru jika peningkatan resolusi belum jadi titik fokus.

Meski begitu, model Switch terbaru akan mendukung resolusi 4K saat tersambung dengan televisi. Sehingga, keputusan untuk tetap menggunakan resolusi 720p di mode handheld akan membantu menjaga konsumsi daya baterai. Terlebih, layar OLED punya reputasi sebagai layar dengan konsumsi daya yang hemat.

Belum diketahui tanggal rilis pasti Switch terbaru berdasarkan laporan Bloomberg ini, namun dikabarkan Switch terbaru akan hadir pada musim libur akhir tahun, dengan proses distribusi layar OLED yang akan dimulai pada Juli. Target yang ingin dicapai adalah kurang dari satu juta unit per bulan, jadi bisa saja Nintendo memproduksi Switch sebanyak yang mereka bisa.

Alami Perkembangan Signifikan

Nintendo Switch pertama kali rilis secara global pada 2017 lalu dan telah mengalami beberapa kali pengembangan, terutama dari segi daya tahan baterai. Tak hanya itu, versi lite dari konsol ini telah meluncur pada September 2019 lalu. Ciri khas dari Switch yang kita kenal adalah kontroler Joy-Con yang dapat dibongkar pasang pada layar utamanya. Sudah banyak gim yang hadir untuk konsol satu ini, dan salah satunya, Animal Crossing: New Horizon memecahkan rekor. Dengan hadirnya Switch terbaru ini, nantinya akan memperpanjang catatan perkembangan konsol portabel satu ini.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.