Susul Peugeot, Giliran Renault dan Dacia yang Ikut Ganti Logo

Kreasi 14 Mar 2021

Satu lagi pabrikan mobil asal Prancis yang melakukan "penyegaran" pada logo mereka. Setelah sebelumnya Peugeot yang mengganti logonya yang terinspirasi dari logo lawas mereka, giliran Renault yang akan mengganti logonya mulai tahun depan. Dan sama seperti apa yang dilakukan Peugeot, Renault akan merancang ulang salah satu logo lawas mereka di tahun 1972.

Yang menjadi pembeda antara logo Renault di tahun 1972 dengan logo baru mereka mulai 2022 ialah konsep minimalis yang mereka terapkan. Hasilnya, logo yang terlihat cukup modern dengan sentuhan minimalis-klasik di dalamnya.

Logo tersebut pertama kali diperkenalkan melalui konsep Renault 5 Prototype yang akan membangkitkan kembali Renault 5 menjadi sebuah kendaraan elektrik seperti halnya Hyundai Ioniq 5 (yang terinspirasi dari Hyundai Pony) dan Honda E dengan desain modern-klasik nya.

Mengutip dari Motor1, direktur desain Renault, Gilles Vidal, mengatakan semua mobil perusahaan akan beralih ke logo baru pada tahun 2024. Meskipun begitu, logo terbaru Renault menampilkan dirinya dalam iklan Renault Zoe.

Sepanjang sejarahnya, Renault telah beberapa kali mengubah identitas visualnya. Namun ada satu hal yang tidak berubah sejak tahun 1925, yaitu bentuk berlian tunggal yang menjadi dasar pembuatan logo tersebut. Logo berlian tunggal ini sangat mudah dikenali, itu telah menjadi lambang merek.

Sementara itu, sub brand Renault, Dacia, yang merupakan pabrikan asal Rumania juga akan mengganti logonya di tahun yang sama dengan desain logo yang tampil untuk pertama kalinya di konsep Dacia Bigster.  Nantinya, logo tersebut akan mengusung konsep futuristis dengan huruf "D" dan "C" bergaya menghadap arah berlawanan. Mengutip Romania Insider, logo ini sudah diperkenalkan sejak 14 Januari lalu.

Logo baru Dacia pada mobil Dacia Bigster (sumber: 

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.