Tahap Pertama ASO Dimulai 30 Juni Mendatang, Sejumlah Stasiun Mulai Kampanye

Media 4 Mar 2021

Peralihan siaran televisi dari analog ke digital yang ditargetkan akan rampung pada 2 November 2022 akan dimulai secara bertahap. Akan ada 4 tahap dalam pelaksanaan migrasi siaran televisi analog ke digital. Tahap pertama akan dilaksanakan di 12 provinsi, sementara 22 provinsi lainnya akan dilaksanakan ASO secara bertahap mulai tahap 2 hingga tahap 4.

Tahap pertama ASO meliputi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara akan memulai proses ASO pada 30 Juni mendatang.

Dari Daerah ke Nasional

Sejumlah stasiun televisi mulai dari skala nasional hingga regional ramai-ramai mengkampanyekan migrasi siaran ini. Mulai dari media sosial, program berita, hingga iklan layanan masyarakat, semuanya menggaungkan kelebihan siaran digital dibandingkan siaran analog yang sudah sejak lama mengudara.

Berikut #MedForSquad tampilkan beberapa contoh kampanye migrasi siaran digital mulai dari stasiun daerah hingga nasional. Yuk corat-coret di kolom komentar apakah stasiun di daerahmu sudah melakukan kampanye serupa.

ANTV Lovers! ada Pengumuman penting loh, Mulai 02 November 2022 seluruh Siaran TV akan migrasi ke Siaran Digital...

Dikirim oleh ANTVLovers pada Rabu, 03 Maret 2021

PENGUMUMAN PENTING UNTUK SCTV FEVERS KESAYANGAN MIMIN 💙 Yuk, segera mengganti pesawat TV yang dapat menerima siaran...

Dikirim oleh SCTV pada Sabtu, 27 Februari 2021

Untuk MedForians yang berada di wilayah Tahap 1 ASO, segera persiapkan diri! Jika belum mempunyai perangkat televisi yang mendukung DVB-T2, beli perangkat Set Top Box DVB-T2. Kamu dapat membelinya melalui toko elektronik dan dapat kamu beli secara daring di portal/aplikasi belanja pilihanmu.

Jika TV kamu sudah mendukung built-in DVB-T2, tidak perlu membeli Set Top Box. Cukup melakukan scan di televisi kamu, kamu sudah dapat menikmati beragam tayangan dan siaran dengan kualitas yang lebih jernih.

Indonesia sendiri terbilang cukup terlambat dalam proses migrasi ini. Beberapa negara tetangga sudah lebih dulu melakukan ASO. Seperti Singapura yang melakukan ASO pada awal tahun 2019, kemudian disusul Malaysia pada September 2019.

Mayoritas negara baik di ASEAN maupun dunia menggunakan standar DVB-T2 untuk siaran digital terrestrial, termasuk Indonesia. Ada beberapa standar lain yang digunakan oleh beberapa negara, seperti ATSC asal Amerika Serikat, atau ISDB-T asal Jepang.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.