Akhirnya, Helikopter Ingenuity NASA Sukses Mengudara di Planet Mars

Teknologi 19 Apr 2021

Ingenuity, sebuah helikopter kecil nirawak buatan NASA dilaporkan telah berhasil melaksanakan misi penerbangan pertamanya di Planet Mars pada hari Senin (19/4). Kesuksesan wahana tersebut menjadi sejarah bagi eksplorasi umat manusia di luar angkasa dan mungkin dapat menjadi pionir bagi pengembangan teknologi serupa di masa depan.

Dilansir daru CNN Indonesia, baling-baling Ingenuity berputar 2.500 kali per menit berlawanan arah jarum jam, 5 kali lebih cepat dari helikopter konvensional di Bumi. Gerakan baling-baling ini cukup mendukung Ingenuity untuk mendapatkan traksi agar mengudara di atmosfer Mars yang tipis.

Ingenuity sukses mengudara setinggi 3 meter dan bertahan selama 30 detik. Hal ini merupakan penerbangan kontrol jarak jauh perdana yang pernah dilakukan di planet lain. Setidaknya butuh waktu beberapa jam sebelum sensor dari helikopter tersebut sampai ke Bumi dan mengkonfirmasi penerbangan perdana tersebut.

Diangkut dalam misi Perseverance

Sebelumnya pada 19 Februari lalu, rover robotik Perseverance telah berhasil mendarat di permukaan planet Mars. Rover terbaru milik NASA itu berhasil mencapai tujuan setelah kurang lebih 7 bulan mengarung di angkasa.

Rover Perseverance ini diketahui berhasil mendarat pada pukul 20:55 GMT pada tanggal 18 Februari 2021, yaitu 15:55 waktu lokal AS (Eastern Time) atau pukul 03:55 pagi pada tanggal 19 Februari 2021 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Robot rover terbaru milik NASA (National Aeronautics and Space Administration), yaitu agensi luar angkasa milik Amerika Serikat, berhasil mendarat di kawah Mars yang diberi nama "Jezero".

Sebelum pendaratan historis ini, tim dibalik layar yang mengendalikan seluruh aspek misi yang berlokasi di California terus memantau layar untuk merespons dan memastikan bahwa setiap tahap pendekatan dan pendaratan "paket" terbaru mereka selamat sampai tujuan.

Tag

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.