Google Konfirmasi akan Tutup Layanan Play Movies & TV pada Beberapa Platform

Teknologi 13 Apr 2021

Setelah mengumumkan Google TV pada tahun lalu, Google mengonfirmasi akan mematikan layanan aplikasi Play Movies & TV pada beberapa platform. Google TV merupakan penerus dari pendahulunya yakni Android TV, dan masih belum diketahui kapan perangkat berbasis Android TV akan kadaluarsa.

Google akan mematikan layanannya pada platform seperti Smart TV Roku, Samsung, LG, dan Vizio. Aplikasi ini akan mati pada 15 Juni nanti, Google menyarankan para penggunanya untuk mengakses film yang sudah dibeli maupun akan membeli film dan konten lainnya lewat YouTube dan YouTube TV.

Mulai 15 Juni nanti, aplikasi YouTube akan menjadi tempat baru untuk film dan acara pada perangkat Smart TV Roku, Samsung, LG, dan Vizio. Aplikasi Google Play Movies & TV tidak akan lagi berfungsi pada perangkat tersebut
Untuk mengakses pembelian sebelumnya, pengguna bisa log in di aplikasi YouTube menggunakan akun sama yang juga digunakan pada aplikasi Google Play Movies & TV. Pilih tab “Library” lalu klik bagian “Your movies and shows”

Play Movies & TV tidak akan menutup layanan sepenuhnya tapi hanya pada keempat platform tersebut . Layanan ini akan digantikan oleh Google TV. Yang disayangkan dari perubahan ini adalah dukungan HDR dan 4K karena aplikasi YouTube bisa dibilang masih tertinggal dari Google Play Movies & TV.

Google menjelaskan bahwa Google Play Credits masih bisa digunakan untuk membeli film lewat YouTube namun dengan syarat bahwa konten yang dibeli lewat YouTube tidak bisa digunakan di Family Sharing (berbagi keluarga). Jika ingin konten tersebut dapat dibagi lewat Family Sharing, pengguna harus membeli kontennya lewat situs web Google Play.

Tag

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.