Situs StackOverflow, GitHub, hingga Reddit Tumbang Sore Ini, Apa Penyebabnya?

Teknologi 8 Jun 2021
Ilustrasi layanan berbasis internet seperti GitHub, Reddit, dan StackOverflow yang diketahui tumbang pada Selasa (08/06) sore ini. (Foto: Marketing Interactive).

Suatu kejadian yang mendekati skenario end-of-the-world bagi sebagian orang telah terjadi pada hari Selasa (08/06) sore ini.

Berbagai situs besar di dunia seperti StackOverflow, Reddit, GitHub, koran The New York Times, Quora, The Verge, Debian, CNN, TechRadar, hingga situs pemerintah Inggris dikabarkan tidak dapat diakses. Jika pengguna berupaya untuk mengakses tersebut, maka akan muncul tulisan "Error 503 Service Unavailable".

Gambar situs yang tidak dapat diakses dan menampilkan tulisan "Error 503 Service Unavailable" (Foto: Bleeping Computer).

Kemudian, beberapa situs lainnya dikabarkan masih dapat diakses namun tampilannya menjadi rusak. Objek seperti gambar, perintah JavaScript, hingga CSS pada situs tertentu tidak berfungsi sebagai mestinya.

Baca juga: Dijual Terbatas, MINI Frozen Brass Edition Hadir Di Indonesia

Melansir dari The Independent dan Bleeping Computer, isu ini dapat dikatakan berkaitan dengan Fastly, yaitu perusahaan yang menyediakan dan mengelola infrastruktur beberapa komponen kritikal untuk jaringan internet global.

Masalah dengan CDN Fastly

Pada saat berbagai situs tumbang secara bersamaan, banyak sekali alasan yang dapat dipikirkan yang menjadi alasan kejadian tersebut. Mulai dari indikasi serangan siber, sabotase, kesalahan konfigurasi, hingga bencana alam bisa saja menjadi alasan sebenarnya.

Indikasi awal dari beberapa pihak intelijen mengatakan bahwa insiden ini bukanlah berasal dari serangan siber, baik itu dari aktor perorangan, kelompok, hingga tingkat negara. Situs yang terdampak diketahui memiliki satu hal yang sama, yaitu menggunakan suatu jaringan yang berkaitan dengan server, proxy, dan pusat data.

Setelah melaksanakan investigasi lebih lanjut, diketahui bahwa komponen bermasalah yang mengakibatkan fenomena ini adalah CDN milik Fastly. CDN adalah Content Delivery Network, yaitu kumpulan server yang bekerja dalam satu kesatuan untuk menyediakan konten internet dengan cepat.

Baca juga: Film Bang Dream! Poppin' Dream! dan Bang Dream! Garupa Pico Season 3 Diumumkan

Lokasi CDN diatur sedemikian rupa agar dapat mencangkup area yang membutuhkan akses cepat ke internet. CDN melakukan hal tersebut dengan menyimpan salinan dari berbagai situs yang ada di jaringan internet sehingga konten internet dapat diberikan kepada pengguna lebih cepat.

Untungnya, saat ini masalah tersebut sudah diperbaiki oleh tim internal Fastly. Situs-situs yang sebelumnya terdampak seperti Reddit dan StackOverflow kini sudah dapat diakses kembali.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast