[OPINI] Ketahui Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Perangkat yang Future Proof!

Teknologi 30 Jun 2021

Pernahkah kamu merasa bimbang saat kamu mau membeli sesuatu? Pernahkah kamu merasa hype setelah melihat sesuatu yang berseliweran di linimasa kamu? Misal seperti yang di bawah ini:

Wah, POCO collab nih sama Nijisanji ID, ada Zea, Hana, sama pak Taka pula. Duh jadi pengen beli Poco M3 Pro 5G nih. Tapi, di tempatku sudah masuk 5G belum, ya?

Atau, saat kamu minta saran pada temanmu untuk merakit sebuah desktop atau membeli laptop yang bakal kamu gunakan sehari-hari, lalu dia bilang seperti ini:

Mending kamu beli yang ini, deh. Udah future proof, loh. Jadi kamu bisa upgrade kapan-kapan.

Lalu, bicara soal Future Proof, sebenarnya apa itu? Dan mengapa kamu harus memikirkan tentang hal ini? Dan mengapa kamu harus paham soal ini?

Dalam definisi kamus Bahasa Inggris keluaran Universitas Cambridge, future proof adalah sebuah perangkat keras atau lunak yang didesain supaya dapat digunakan di masa mendatang, sekalipun terdapat perubahan teknologi.

Jadi, tidak apa-apa jika kamu membeli sebuah ponsel atau merakit sebuah desktop yang sesuai kantong, selagi kamu dapat meng-upgrade nya di kemudian hari. Atau kamu juga bisa membeli perangkat dengan teknologi yang tengah hits, meskipun di daerah tempat kamu tinggal belum masuk teknologi tersebut. Jadi saat kamu ingin meng-upgrade atau ingin menjajal teknologi baru, kamu tidak merasa keteteran.

Misalnya, saat kamu merakit desktop dengan motherboard dengan tipe soket AMD AM4 dan dengan chipset terkini, namun dengan RAM, prosesor, penyimpanan, sampai kartu grafis yang menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki, itu tidak masalah. Sama halnya jika kamu membeli ponsel baru dengan harga 2,8 juta dengan kemampuan jaringan 5G, meskipun di daerahmu jaringan 5G belum masuk.

Atau, saat kamu membeli sebuah laptop yang masih menyisakan 1 slot RAM dan 1 slot M.2, juga termasuk hal yang bagus, karena kamu tidak perlu khawatir jika kamu butuh 1 penyimpanan lagi dan meng-upgrade kapasitas RAM kamu.

Namun, yang perlu kamu ingat, jangan terburu-buru hanya karena gengsi. Pertimbangkan juga dari segi finansial, spesifikasi perangkat yang kamu inginkan, serta fungsionalitas perangkat yang bakal kamu beli. Jangan sampai kamu merasa nyesel setelah kamu membelinya hanya karena gaya-gayaan semata.

Oh iya, jangan asal beli! Cari perangkat yang menurut kamu terbaik dari segi kualitas, meskipun dengan budget yang terbatas. Jika kamu asal beli, takutnya saat perangkatmu dalam kondisi kurang prima atau bahkan rusak, kamu benar-benar panik setengah mati.

Hindari mencari komponen atau perangkat yang dikenal gacha dari segi kualitas. Sering-sering konsultasi dengan teman sendiri, atau bergabung dengan forum, supaya kamu dapat pencerahan dan sudut pandang dari berbagai sisi, biar kamu tidak salah langkah.

Kamu juga perlu untuk betul-betul sayang sama perangkat kamu, jadi jika saatnya sudah tiba, kamu bisa menikmati teknologi baru, atau bisa juga menikmati performa perangkatmu yang semakin baik.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.