Pagi Ini Situs Reddit Tidak Bisa Diakses

Teknologi 23 Jul 2021
Tampilan error situs reddit.com apabila pengguna mencoba mengakses pada hari Jumat (23/07) dini hari (Foto: Istimewa).

Pada hari Jumat (23/07) dini hari, situs forum internasional Reddit tidak dapat diakses.

Apabila pengguna mencoba membuka situs tersebut, maka akan terdapat error "Our CDN was unable to reach our servers."

Selain itu, pengguna juga akan melihat error "503 Service Temporarily Unavailable" pada waktu tertentu apabila mencoba untuk berulang kali mengakses situs tersebut.

Berdasarkan pantauan Media Formasi, situs Reddit mulai tidak dapat diakses pada pukul 06:41 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Tulisan error "503 Service Temporarily Unavailable" pada situs Reddit pagi ini.

Berdasarkan data dari downdetector.com, terjadi peningkatan tajam mengenai keluhan tidak dapat mengakses situs forum internasional tersebut.

Baca juga: Batasi Produk Impor, Pemerintah Indonesia Bakal Produksi Laptop “Merah Putih”

Untungnya, situs tersebut dengan cepat kembali ke keadaan semula. Setidaknya pada pukul 06:55 WIB situs Reddit sudah dapat diakses baik melalui peramban web maupun aplikasi.

Untuk saat ini belum diketahui mengapa situs tersebut tidak dapat diakses. Saat ini juga pihak Reddit belum memberikan informasi apapun.

Pernah Terjadi Sebelumnya

Sebelumnya, situs Reddit dan beberapa layanan internet lainnya juga sempat tidak dapat diakses oleh masyarakat global.

Berbagai situs besar di dunia seperti StackOverflow, Reddit, GitHub, koran The New York Times, Quora, The Verge, Debian, CNN, TechRadar, hingga situs pemerintah Inggris dikabarkan tidak dapat diakses. Jika pengguna berupaya untuk mengakses tersebut, maka akan muncul tulisan "Error 503 Service Unavailable".

Baca juga: Talent Hololive ID Gen 1, Airani Iofifteen Positif Terpapar COVID-19

Kemudian, beberapa situs lainnya dikabarkan masih dapat diakses namun tampilannya menjadi rusak. Objek seperti gambar, perintah JavaScript, hingga CSS pada situs tertentu tidak berfungsi sebagai mestinya.

Error tersebut serupa dengan kejadian saat ini yang melanda Reddit.

Setelah melaksanakan investigasi lebih lanjut, diketahui bahwa komponen bermasalah pada kejadian pada 8 Juni lalu yang mengakibatkan fenomena ini adalah CDN milik Fastly. CDN adalah Content Delivery Network, yaitu kumpulan server yang bekerja dalam satu kesatuan untuk menyediakan konten internet dengan cepat.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast