Belum 1 Tahun, Fitur Fleets Twitter Resmi Dihapus Hari Ini

Teknologi 4 Agt 2021
Fitur Fleets pada Twitter, salah satu fitur yang ditiru oleh berbagai media sosial saat ini (Foto: The Verge).

Twitter Fleets resmi ditutup hari ini, Rabu (4/8). Fitur peniru Snapchat Stories itu pertama kali dirilis pada November 2020. Artinya, umur fitur yang juga mirip Instagram Stories itu hanya 8 bulan.

Pengumuman itu juga disampaikan pada unggah terbaru di akun resmi Twitter.

Tweet yang pada awalnya diunggah pada tanggal 15 Juli 2021 tersebut kemudian di-retweet kembali dengan bahasa sehari-hari.

Sebagian besar platform media sosial memang berlomba untuk menciptakan (atau meniru) fitur yang awalnya dipakai pada Snapchat.

Baca juga: Karena Glitch, Orang di Jepang Bisa Pesan Makanan Gratis Selama Tiga Tahun

Memilih untuk Fokus ke Bidang Lainnya

Sebelumnya, perusahaan dengan logo burung tersebut mengumumkan pada hari Kamis (15/7) lalu lewat akun Twitternya, mereka akan suntik mati fitur Fleet pada 3 Agustus 2021. Hal itu terpaksa dilakukan karena pengguna tidak tertarik pada fitur itu.

Setelah Fleet resmi dihentikan, Twitter akan fokus menggarap fitur Space, fitur audio mirip Clubhouse. Perusahaan berharap, pengguna Fleets, khususnya pengguna setia akan beralih ke Twitter Spaces.

Baca juga: Windows 11 Beta Resmi Rilis, Berikut Syarat dan Cara Install

Wakil Presiden Produk Twitter, Ilya Brown mengatakan Fleet dibangun sebagai sarana berbagi informasi sesama pengguna, untuk lebih nyaman bergabung dengan percakapan di Twitter.

"Tapi kami belum melihat peningkatan jumlah orang baru yang bergabung dalam Fleets seperti yang kami harapkan," ujar Ilya seperti dikutip CNN.

Fleets adalah postingan yang menghilang setelah 24 jam diposting. Kolom postingan Fleets berada di bagian atas lini masa, di halaman utama Twitter.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.