Lewat Funimation, Sony Selesaikan Akuisisi Crunchyroll dari AT&T

Pop Kultur 10 Agt 2021

Sony Pictures Entertainment melalui Funimation Global Group LLC baru saja mengumumkan bahwa proses akuisisi platform streaming anime, Crunchyroll baru saja diselesaikan setelah sebelumnya dipegang oleh vendor telekomunikasi AT&T dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Kotaku (9/8), proses akuisisi ini telah dimulai sejak Agustus 2020, namun baru terjadi pada bulan Desember 2020 ketika Sony Pictures mengumumkan akan mengakuisisi Crunchyroll dari AT&T dengan nilai sebesar 1,17 Miliar USD (sekitar 16,8 Triliun Rupiah). Proses akuisisi ini baru rampung pada tanggal 9 Agustus kemarin, dan nantinya Crunchyroll akan dibawah naungan Sony Pictures melalui Funimation Global Group, sebuah perusahaan joint venture antara Sony Pictures Entertainment dan Aniplex, anak perusahaan dari Sony Music Entertainment (Japan).

Melalui press release, CEO Sony Pictures, Tony Vinciquerra mengatakan bahwa mereka ingin menyatukan pengalaman berlangganan anime legal sesegera mungkin antara Crunchyroll dan Funimation. Berikut adalah pernyataan yang dirilis dari press release Sony Pictures.

“Kami sangat senang menyambut Crunchyroll ke Sony Group,” kata Kenichiro Yoshida, Ketua, Presiden dan CEO, Sony Group Corporation. “Anime adalah media yang berkembang pesat yang memikat dan menginspirasi emosi penonton di seluruh dunia. Keselarasan Crunchyroll dan Funimation akan membuat kita semakin dekat dengan para kreator dan penggemar yang menjadi jantung komunitas anime. Kami berharap dapat memberikan hiburan yang lebih luar biasa yang memenuhi dunia dengan emosi melalui anime."

“Crunchyroll menambah nilai luar biasa bagi bisnis anime Sony yang ada, termasuk Funimation dan mitra hebat kami di Aniplex dan Sony Music Entertainment Japan,” kata Tony Vinciquerra, Ketua dan CEO Sony Pictures Entertainment Inc. “Dengan Crunchyroll dan Funimation, kami berkomitmen untuk menciptakan pengalaman anime terbaik untuk para penggemar dan menghadirkan peluang unik bagi mitra utama kami, penerbit, dan pembuat konten yang sangat berbakat untuk terus menghadirkan konten hebat mereka kepada pemirsa di seluruh dunia. Dengan tambahan Crunchyroll, kami memiliki kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melayani penggemar anime yang belum pernah ada sebelumnya dan memberikan pengalaman anime di semua platform yang mereka pilih, mulai dari teater, acara, hiburan rumah, game, streaming, TV linier - di mana pun dan dengan cara apa pun yang diinginkan penggemar untuk mengalami anime mereka. Tujuan kami adalah menciptakan pengalaman berlangganan anime secara terpadu sesegera mungkin."

Hingga saat ini, Crunchyroll telah memiliki lebih dari 120 juta pengguna yang tersebar di 200 negara. Bersama dengan Funimation, Sony berharap untuk dapat memperkuat pasar streaming anime yang sedang berkembang pesat, sekaligus memperkuat posisinya untuk bersaing dengan Netflix.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.