Discord Ujicoba Integrasi YouTube pasca Bot Musik "Dipaksa" Tumbang

Teknologi 23 Sep 2021

Dua bot yang biasa menemani pengguna Discord, yakni Rhythm dan Groovy memang sudah ditutup oleh YouTube. Namun, beruntung bagi kamu pengguna layanan obrolan khas gamer satu ini, pasalnya Discord tengah mengujicoba fitur terbaru mereka yang bernama "Watch Together", yang memungkinkan kamu dapat menyaksikan video YouTube via Discord.

Berdasarkan laporan The Verge, fitur baru ini akan meluncur sekitar akhir Oktober nanti, yang didahului dengan ujicoba kecil yang dilanjutkan dengan tahap beta.

Ujicoba ini dilakukan terhadap beberapa pengguna di beberapa server, dengan menggandeng YouTube. Ujicoba serupa kabarnya sempat dilakukan 10 bulan lalu, namun akhirnya hanya menjadi kabar angin, sampai akhirnya fitur ini kembali diujicoba.

Fitur "Watch Together" ini memiliki pengalaman yang agak mirip dengan screen sharing, di mana seseorang melakukan siaran langsung dengan membagikan aktivitas yang ada di jendelanya.

Fitur ini sendiri didesain khusus bersama YouTube, yang dapat mengizinkan anggota server membuat playlist YouTube mereka dengan mencari atau menempel tautan video yang mereka inginkan.

Mungkin tidak sama persis seperti dua bot populer di atas, namun kamu masih dapat mendengar musik kesayanganmu bersama teman satu server. Kamu juga bisa berbagi remote dengan pengguna lainnya untuk dapat mengatur dan mengontrol playback secara bergantian.

Sayangnya, Discord memperingatkan, bahwa layanan ini masih belum dapat bebas dari iklan yang biasa lewat saat memutar video lewat YouTube. Berbeda pada saat bot Rhythm dan Groovy masih dapat mengudara, di mana kamu bebas mendengar musik favoritmu tanpa iklan.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.