[Mobil Baru Pekan Ini] Kejutan Honda Indonesia Sebelum GIIAS 2021

Otomotif 28 Okt 2021

Gelaran GIIAS 2021 baru akan dimulai dalam 2 minggu kedepan, beberapa pabrikan mulai mempersiapkan line-up produk yang akan dipamerkan disana. Tapi bagi Honda, ia justru memperkenalkan dua produk sedan terbarunya lebih awal sebelum GIIAS dimulai, yakni Honda Civic dan Honda City generasi terbaru yang disesuaikan untuk pasar Indonesia.

Pada peluncuran virtual yang digelar Kamis (28/10) hari ini, Honda secara resmi memperkenalkan Civic generasi terbaru dan City sedan generasi terbaru. Hal ini seiring dengan momentum pemberlakuan skema pajak baru yang kini lebih ramah untuk mobil sedan.

Lantas seperti apa detailnya?

City Sedan Baru Akirnya Rilis di Indonesia!

Setelah dua tahun paska perilisan perdananya di Thailand dan 7 bulan paska perilisan varian Hatchbacknya di Indonesia, Honda merilis varian sedan dari Honda City di Indonesia. Berbeda dengan di Thailand dan Malaysia yang merilis varian sedannya terlebih dahulu, di Indonesia, justru varian hatchback yang dirilis terlebih dahulu pada 3 Maret 2021, yang kemudian disusul varian sedannya pada hari ini.

City Hatchback spek Indonesia (News Room Honda Indonesia)

Kendati begitu, Honda memilih merilis City sedan pada hari ini karena momentumnya lagi pas, yakni pemberlakuan skema pajak baru yang membuat harga mobil Sedan menjadi lebih reasonable. Dan karena momentum itulah, beberapa pabrikan (termasuk Honda) jadi lebih pede untuk menjual produk sedan mereka, termasuk City dan Civic.

Anyway, spesifikasi City sedan ini hampir serupa dengan City Hatchback yang dijual lebih dulu di Indonesia. Mulai dari mesin 1500cc 4 silinder DOHC, bertenaga 121 PS dan torsi 145 Nm; desain eksterior yang kekinian, serta beberapa hal di Interiornya termasuk fitur Ultra Seat.

Tapi yang membuat ia berbeda dari varian hatchbacknya ialah di bagian belakang yang menurut kami mirip dengan BMW 320i, serta pembawaan stylingnya yang lebih mengarah ke elegan ketimbang sporty layaknya di varian hatchback.

Dengan mengusung tagline “Own the City,” Honda City Sedan ini dibanderol dengan harga Rp. 355 juta tanpa varian RS yang hanya hadir di varian hatchback saja.

Civic Sedan juga Ikut Diperkenalkan!

Selang 2 bulan paska diluncurkan di Thailand dan selang 1 bulan paska diluncurkan sebagai Honda Intergra di Tiongkok, Honda Civic generasi ke-11 akhirnya diperkenalkan di Indonesia. Bersamaan dengan Honda City, mobil yang diperkenalkan pertama kali di negeri paman Sam ini juga memanfaatkan momentum pemberlakuan skema pajak baru.

Honda Civic RS Spek Indonesia (News Room Honda Indonesia)

Sebelumnya, kami sempat membahas mobil ini saat ia diperkenalkan pertama kali di Thailand. Tapi di postingan ini, kami bakal membahas hal apa saja yang hadir di spek yang disesuaikan dengan pasar Indonesia.

Civic generasi ke-11 yang dijual di Indonesia hadir dalam satu varian, yakni Road Sailing alias RS. Ia dibanderol seharga Rp. 567 juta dengan fitur yang suprisingly mirip dengan apa yang pernah kami bahas saat mobil ini dirilis di Thailand.

Detailnya, mesin VTEC Turbo 1.500cc 4 silinder bertenaga 178 PS dengan torsi 240 Nm, Honda Sensing, Honda LaneWatch, Smart Key Card, panel instrumen digital full color berukuran 10 inchi dan beberapa detail lain layaknya Civic generasi ke-11 yang dirilis di Thailand maupun yang dirilis di Amerika. Gokil bukan?

Teaser Lain Dari Mobil Misterius Honda

Masih ingat mobil yang diselubungi kain merah di bagian akhir video launching BR-V baru kemarin? Rupanya, Honda kembali menebar teaser dari mobil misterius itu di akhir video launching City & Civic sedan baru hari ini.

Terlihat beberapa detail yang mulai terkuak dan nantinya, mobil misterius itu akan hadir dalam varian RS, layaknya Civic baru. Sisanya, mungkin akan terungkap pada gelaran GIIAS 2021 yang akan dimulai dalam 2 minggu kedepan atau lebih tepatnya pada 11 November - 21 November 2021 mendatang.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.