[Perang Bintang MPV] Selamat Datang Mitsubishi Xpander Facelift!

Otomotif 11 Nov 2021
Peserta pertama di Perang Bintang MPV, Xpander Facelift (Mitsubishi Motors)

Pada edisi sebelumnya dari segmen khusus Perang Bintang MPV, kita membahas Toyota Avanza dan Veloz baru yang kaya akan fitur-fitur menarik didalamnya serta Daihatsu Xenia dengan tampilan yang lebih sporti. Di edisi hari ini, kita akan berkenalan lebih dekat dengan Xpander Facelift dan Xpander Cross edisi penyempurnaan yang sudah diperkenalkan pada 8 November lalu (atau sebelum kedua mobil itu rilis).

Mobil yang menjadi pionir dalam penggunaan beberapa fitur di kelas LMPV ini kembali menjadi pionir dalam penggunaan fitur-fitur baru yang bahkan lebih awal sedikit ketimbang pesaingnya. Lantas seperti apa detailnya?

Xpander Facelift Dan Berbagai Hal Barunya

Kita mulai dari versi standar dari Mitsubishi Xpander yang kini mengalami facelift untuk kedua kalinya sejak facelift terakhirnya tahun lalu. Xpander facelift hadir dengan ubahan yang cukup banyak di eksterior maupun di interiornya, plus adanya beberapa fitur baru didalamnya.

Dimulai dari eksterior, lampu depannya kini mengadopsi desain seperti huruf T yang diputar 90 derajat, yang didalamnya ada proyektor LED dan lampu senja, serta lampu sein yang lebih menarik. Hal tersebut membuat Xpander facelift hadir lebih sporti dan futuristik.

Desain belakang dari Xpander Facelift (Mitsubishi Motors)

Selain pada fascia depan, ia pun hadir dengan sedikit ubahan di bagian belakang serta desain velg baru yang membuatnya semakin cakep. Plus, ground clearance nya naik ke 220 mm (225 mm untuk Exceed M/T dan GLS M/T).

Tapi bukan hanya itu ubahannya, di interior, ubahannya pun jauh lebih banyak lagi. Misal saja desain dashboard yang berubah total dengan stir ala-ala Evo X, kontrol AC digital, rem parkir elektrik dengan auto hold, meter cluster yang diperbarui, head unit 8 inchi yang bisa terkoneksi ke smartphone, armrest depan belakang serta pilihan warna beige dan black di varian Sport.

Di sektor dapur pacu, ia masih mempertahankan mesin 1,500 cc yang sama seperti sebelumnya. Namun, ia mengganti transmisi torque converternya menjadi CVT demi efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Fitur safetynya masih sama seperti sebelumnya. Dua airbag, ABS+EBD, VSC, HSA, ESS, dll yang kini menjadi standar di semua varian.

Xpander facelift ini dibanderol mulai dari Rp. 249,930 juta sampai Rp. 299,770 juta OTR Jabodetabek. Tapi selama periode relaksasi PPnBM, ia dijual seharga Rp. 228,030 juta hingga Rp. 270,580 juta

Xpander Cross Improvement, dengan Interior Baru

Brosur Xpander Cross improvement (B Channel)

Di waktu yang bersamaan, Mitsubishi juga memperkenalkan Xpander Cross edisi penyempurnaan dengan ubahan minor di eksterior, namun major di interior. Dan beberapa fitur di Xpander facelift (non Cross) juga hadir di varian crossovernya ini.

Interior Xpander Cross improvement (B Channel)

Misal saja rem parkir elektrik dengan auto hold, AC Digital, transmisi CVT, head unit yang lebih besar 1 inchi dibanding Xpander standar yakni 9 inchi, warna interior kombinasi hitam dengan biru navy, armrest depan belakang dan stir ala-ala Evo X. Sementara, di eksteriornya hanya berubah di warna grill yang menjadi black metallic.

Xpander Cross improvement 2021 ini dibanderol seharga Rp. 294,670 juta hingga Rp. 320,270 juta OTR Jabodetabek. Dan di periode relaksasi PPnBM, ia dijual seharga Rp. 268,150 jua hingga Rp. 291,410 juta.

Jadi, demikian ulasan kami mengenai Xpander Facelift dan Xpander Cross Improvement, yang juga mengakhiri segmen Perang Bintang MPV kali ini. Semoga saja keempat produk ini bisa bersaing secara sehat di pasar LMPV Indonesia.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.