Dipertanyakan Pemerintah AS, Tesla 'Ubah' Fitur Bermain Video Game di Model S

Otomotif 26 Des 2021

Bicara soal pabrikan mobil paling quirky, mungkin Tesla-lah yang paling terngiang di kepala kita. Bagaimana tidak, perusahaan mobil listrik besutan Elon Musk begitu gencar memberikan teknologi unik pada mobil mereka, salah satunya adalah kemampuan memainkan video game pada Tesla Model S.

Tak pelak, fitur ini dipertanyakan oleh pihak lembaga keselamatan pemerintah AS, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Kemampuan Memainkan Video Game di Model S

Ketika pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 2021, salah satu keunggulan yang digadang-gadang Tesla adalah sistem infotainment yang digadang-gadang memiliki prosesor dengan kemampuan mencapai 10 teraflops.

Bahkan kemampuan ini semakin diperjelas dengan update software 2021.12.25.7 yang mencakup fitur 'Passenger Play', yang memungkinkan layar multimedia dibagi menjadi dua sehingga penumpang depan bisa memainkan video game selagi mobil berjalan. Tesla juga  merilis beberapa list game, yaitu Sky Force Reloaded, The Battle of Polytopia: Moonrise dan Solitaire.

Dipertanyakan oleh Pemerintah Amerika Serikat

Foto: Motor Trend - AP/Alan Lau

Tak pelak, fitur bermain video game di Tesla Model S langsung menimbulkan kontroversi. Pemerintah AS melalui National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) bahwa fitur 'Passenger Play' dapat diaktifkan dengan mudah oleh pengemudi selagi mobil berjalan.

Pihak NHTSA bahkan sampai membuka investigasi terhadap 580 ribu pengguna Tesla dari Model X, S, Y, dan 3 dengan fitur 'Passenger Play', mendeskripsikan bahwa fitur tersebut dapat menimbulkan gangguan untuk pengemudi sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Salah satu komplain di situs NHTSA seorang konsumen di Danau Oswego, Oregon berbunyi sebagai berikut:

Tesla sekarang membuat video game interaktif dan pencarian web internet langsung di display kursi depan utama SAAT MOBIL BERJALAN. Video game tersebut diduga dibatasi hanya untuk penumpang. Penjelajahan web tersedia untuk siapa saja dan kapan saja. Mengapa pabrikan diizinkan untuk membuat video langsung yang mengganggu secara inheren yang mengambil alih 2/3 layar yang diandalkan pengemudi untuk melihat semua informasi kendaraan? Tesla tidak memiliki instrumen di atas roda kemudi […] Membuat gangguan berbahaya bagi pengemudi adalah kelalaian yang ceroboh.

Tesla 'Mengubah' Fitur Bermain Video Game di Mobil

Sebagaimana yang dilaporkan melalui The New York Times, Tesla setuju untuk mengubah fitur Passenger Play setelah publikasi hasil investigasi dilakukan oleh NHTSA. Sekarang fitur tersebut hanya bisa diaktifkan ketika mobil dalam keadaan berhenti total.

"Menyusul pembukaan evaluasi awal terhadap 'Passenger Play', Tesla memberi tahu agensi bahwa mereka mengubah fungsionalitas fitur ini. Dalam pembaruan perangkat lunak baru, 'Passenger Play' sekarang akan dikunci dan tidak dapat digunakan saat kendaraan sedang bergerak,” kata Tesla kepada agensi.

Para pakar keselamatan telah mengkritik Tesla yang mengizinkan bermain video game saat mobil berjalan. "Tidak ada argumen yang dapat dibuat bahwa fitur ini tidak berbahaya," kata Jason Levine dari grup konsumer Center for Auto Safety.

Saat ini Tesla tidak menanggapi permintaan komentar terhadap fitur Passenger Play maupun hasil investigasi.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)