Tutorial Cara Menjual NFT di OpenSea dengan Mudah

Teknologi 13 Jan 2022
Ghozali, sosok yang menggiati kegiatan penjualan NFT yang kemudian mendapatkan cuan dan menjadi topik perbincangan hangat beberapa waktu terakhir (Foto: Sindonews.com).

Salah satu produk blockchain yaitu Non-fungible token (NFT) semakin menarik banyak peminat baik di dunia internasional maupun di Indonesia. Transaksi beli dan jual saat ini paling banyak terjadi di OpenSea yang merupakan marketplace NFT terbesar di dunia saat ini.

Semakin banyak juga orang-orang yang mulai mendapatkan keuntungan dari NFT harga murah kemudian menjualnya dengan harga lebih tinggi. Salah satu contohnya yaitu Ghozali Everyday yang pada beberapa waktu ini cukup ramai dibahas di media sosial.

Melansir dari CNN Indonesia, OpenSea sendiri merupakan pasar jual beli NFT dengan perputaran uang terbesar. Platform ini menjadi salah satu pilihan bagi pembeli, penjual, maupun kreator NFT untuk bertransaksi.

Tak disangka-sangka koleksi swafoto (selfie) Ghozali yang dijual di Opensea banyak diminati pembeli, bahkan koleksi termurahnya sekarang dijual seharga 0,28 ETH atau sekitar Rp13,5 juta.

Tidak ada batasan aset digital yang dapat dibeli dan dijual di platform ini mulai dari cryptokitties, karya seni, hingga nama domain.

Baca juga: Vaksin Booster Gratis, Berikut Cara Daftarnya Via Aplikasi PeduliLindungi!

Bagaimana Cara Menjual NFT di OpenSea?

Menjual sebuah aset digital di OpenSea memerlukan akun yang sudah terdaftar. Jika Anda belum memiliki akun tersebut, perlu diketahui bahwa hanya pengguna terdaftar dengan dompet terkonfigurasi yang dapat menjual NFT.

Jika Anda telah memiliki akun tersebut, maka membeli atau menjual NFT di OpenSea adalah hal yang relatif mudah. Berikut cara menjual NFT di OpenSea, seperti dikutip dari Alphr:

1. Masuk ke laman OpenSea.io dan log in ke akun Anda
2. Klik pada foto profil Anda di bagian kanan atas
3. Pilih 'Profile'
4. Pilih NFT yang ingin dijual dari wallet Anda
5. Pilih 'Sell' untuk diarahkan pada halaman penjualan
6. Pilih jenis dan harga jual. Anda dapat menetapkan harga tetap atau lelang. Dengan lelang, masukkan harga awal, waktu kedaluwarsa, dan ambang harga.
7. Ketika pengaturan penjualan telah selesai, klik 'Complete Listing'
8. Untuk pendaftaran penjualan pertama, Anda harus memverifikasi wallet Anda, dengan cara menyelesaikan dua buah transaksi. Yang pertama adalah untuk menginisiasi akun Anda untuk penjualan, dan yang lainnya adalah memberikan akses item ke OpenSea saat penjualan berlangsung.
9. Setelah membayar fee, konfirmasi rincian penjualan dan post NFT yang ingin dijual di OpenSea.

Baca juga: Kobasolo Rilis Album Baru Untuk Seri Lagu Cover, "Collection Vinyl"

Setelah mendaftar NFT yang ingin dijual, Anda dapat menggunakan kolom Aktivitas di sebelah kiri untuk melihat daftar aset digital yang sedang Anda jual.

Demikian langkah-langkah singkat untuk menjual item pada platform OpenSea.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast