Yang Baru Dari Jakarta Auto Week 2022

Otomotif 20 Mar 2022

Pada 12-20 Maret ini, GAIKINDO menggelar gelaran bertajuk Jakarta AutoWeek 2022 sebagai spin-off dari gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Berbeda dari GIIAS yang digelar di ICE BSD, Jakarta AutoWeek digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pada gelaran yang digelar sebelum IIMS yang akan digelar pada akhir Maret ini, ada dua jenama yang memperkenalkan produk terbarunya di saat yang lain fokus pada penjualan produk-produk andalannya. Lalu, seperti apa produk yang diperkenalkan oleh dua jenama itu?

KIA dengan All New Carens dan All New Sportage

Dimulai dari jenama asal Korea Selatan, KIA yang memperkenalkan dua produk terbarunya di tanah air. Kedua produk itu ialah KIA Carens dan KIA Sportage terbaru.

All New KIA Carens (KIA via Motor1)

Carens sendiri bukanlah nama yang baru di keluarga KIA, MPV yang sempat populer sebelum Avanza-Xenia lahir ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada akhir era 90-an, lalu versi faceliftnya meluncur pada 2002 sebagai Carens II, dan sempat dijual kembali pada 2013 setelah sebelumnya Carens sempat di-discontiune pada 2008. Lalu pada gelaran Jakarta AutoWeek tahun ini, Carens akhirnya melakukan comeback dengan fitur dan spesifikasi yang bisa bersaing di dua kelas sekaligus : LMPV sekelas Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander serta Medium MPV sekelas Wuling Cortez dan Toyota Kijang Innova.

Mengapa demikian? Karena dimensi panjang dari Carens sendiri sepanjang 4,5 meter yang artinya setara dengan Veloz dan Xpander. Tapi kalau soal tenaga mesin, ia justru bisa menandingi Wuling Cortez dengan mesin 1.500 CC Turbo atau bahkan Toyota Kijang Innova dengan mesin 2.000 CC N/A atau 2.500 CC Turbodiesel.

Eksteriornya sendiri memiliki bentuk yang gagah, dengan lampu utama LED, Daytime Running Light LED, grill radiatornya yang tidak ada lubang sama sekali serta minim aksen chrome di bagian depannya. Kesan modern pun berlanjut di bagian belakang yang hadir dengan lampu LED yang cukup kekinian.

Interior KIA Carens (KIA via Motor1)

Di dalam, kalian dapat menemukan ambient light dengan mode pilihan 64 warna didalam kabin, sunroof dengan tilt and slide mode, sistem entertainment dengan layar sentuh 10,25 inci yang dapat terhubung ke smartphone lewat konektivitas Apple Carplay dan Android Auto, serta sistem audio premium dari Bose dengan 8 speaker. Selain itu, ada bangku depan berventilasi, sistem pengisian ulang baterai nirkabel dan beberapa port pengisian daya Type C di beberapa lokasi.

Selain Carens, KIA juga memboyong Sportage terbaru yang pernah kami ulas sebelumnya. Tapi sayangnya, harga kedua mobil ini belum diumumkan karena baru diperkenalkan saja di gelaran tersebut, dan baru akan dipasarkan dalam waktu dekat.

All New KIA Sportage (KIA via Motor1)

Kendati begitu, pihak KIA sendiri tengah mempersiapkan beberapa fitur baru untuk kedua mobil tersebut sebelum resmi dipasarkan di tanah air. Bahkan, untuk Sportage sendiri nantinya akan hadir dengan fitur yang bisa dibilang "full spec" di rentang harga 500-600 jutaan, sementara Carens akan dijual di rentang harga 370-450 jutaan.

Lexus dengan NX Generasi Terbaru

Sementara itu, jenama mobil mewah asal Jepang, Lexus memperkenalkan Lexus NX generasi terbaru. NX sendiri hadir dalam varian bermesin bensin hybrid dengan kombinasi teknologi Hybrid Transaxle dan Electric Motor.

Lexus NX 350 (Lexus)

Mesin hybridnya sendiri menghasilkan total tenaga sebesar 240 dk dengan torsi 239 Nm dari mesin 2.000 cc bensin + 270 Nm dari motor listriknya. Selain lebih bertenaga, mesin hybrid ini juga memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Selain mesin hybridnya, ia juga hadir dengan mesin 2.000 cc biasa dengan tenaga 204 dk yang disalurkan ke transmisi 8 percepatan otomatik.

Selain itu, Lexus NX generasi terbaru hadir dengan eksterior yang jauh lebih keren dan fitur yang lebih berlimpah dari generasi sebelumnya. Ia dijual mulai Rp 1,273 miliar hingga Rp 1,385 miliar.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.