Mobil Baru Pekan Ini : KIA Sportage 2022 Dan Mobil Baru Lainnya

Otomotif 12 Jun 2021

Selama sepekan terakhir, kami merangkum berbagai berita mengenai mobil-mobil baru yang meluncur baik di dalam negeri atau secara global. Mulai dari yang dijual hanya sepuluh unit, hingga varian baru dari salah satu mobil MPV terbaik di tanah air. Berikut mobil-mobil baru yang meluncur selama sepekan terakhir!

Mini Frozen Brass Edition

MINI meluncurkan MINI Frozen Brass Edition di Indonesia. Mobil yang ditenagai mesin 1.500cc 3 silinder TwinPowerTurbo ini hadir dengan aksen logam kuningan dengan warna Enigmatic Black serta interior yang serba hitam. Mobil ini dijual secara terbatas, hanya sepuluh unit di tanah air dan dibanderol dengan harga Rp. 690 juta off-the road.

KIA Sportage 2022

Pabrikan asal Korea Selatan, KIA Motors meluncurkan generasi terbaru Sportage untuk pasar global. Hadir dengan desain yang sepenuhnya baru, Sportage hadir lebih atraktif dibanding generasi sebelumnya. Mengutip Autonetmagz, bahasa desain Opposites United yang digunakan di KIA EV6 juga digunakan pada Sportage baru ini, termasuk dengan perubahan pada Tiger Nose grill menjadi Digital Tiger Face.

Sportage 2022 ini baru akan debut pada akhir 2021, tentu dengan berbagai informasi detail soal mesin, powertrain dan spesifikasi lain dari mobil ini.

BMW X3 dan X4 LCI

BMW X3 LCI

BMW X3 dan X4 mendapatkan versi LCI (Life Cycle Impulse, istilah yang digunakan BMW untuk Facelift) di tahun 2021 ini. Mengutip akun instagram @indra_fathan, perubahan pada kedua mobil ini bukan hanya di eksterior dan interior saja, di bagian mesinnya juga kini ketambahan teknologi mild hybrid 48 volt pada mesin 2.000 cc twin turbo yang punya 2 opsi tenaga torsinya: 184 hp/300 Nm (xDrive20i) dan 245 hp/350 Nm (xDrive30i) serta 3.000 cc twin turbo di tipe M40i yang bertenaga 360 hp dan torsi 500 Nm.

BMW X4 LCI

Khusus X3 juga tersedia tipe plug in hybrid (xDrive30e) menggunakan mesin 3.000 cc twin turbo tenaga 184 hp dan torsi 300 Nm ditambah motor listrik bertenaga 109 hp dan torsi 265 Nm. Juga tersedia versi M Competition yang bermesin 3.000 cc twin turbo tapi tenaga dan torsinya jauh lebih besar dari tipe M40i sekalipun yakni 510 hp dan 650 Nm!

Meski sudah meluncur, tapi produksinya baru akan dimulai pada Agustus 2021 di Amerika Serikat, seiring dengan world premiere keduanya di China pada bulan yang sama, sedangkan Eropa baru akan muncul pada September 2021 mendatang di pameran IAA Munich.

Audi A5 Sportback

Pabrikan mobil yang satu negara dengan BMW dan Mercedes-Benz, Audi, meluncurkan Audi A5 Sportback di tanah air. Versi coupe 4 pintu dari Audi A4 ini dijual seharga Rp. 1,248 Miliar Off The Road Jakarta.

Mengutip Otodriver, saingan BMW seri-4 Gran Coupe di Eropa ini ditenagai oleh mesin 2.000 cc 4 silinder TFSI turbo. Ada dua pilihan output tenaga mesin. Yang pertama adalah 190 dk dan torsi 320 Nm berpenggerak roda depan serta yang kedua 245 dk dan torsi 370 Nm dengan penggerak empat roda.

Audi A5 Sportback yang dibawa ke Indonesia merupakan varian S-Line dengan bumper yang lebih agresif dan sporti, yang dipadu dengan bahasa desain khas Audi.

Ford Maverick

Di Amerika Serikat, Ford meluncurkan double cabin terbarunya, Maverick. Double cabin unibody bermesin hybrid ini dijual seharga US$19,995 atau Rp. 283 Jutaan. Meskipun hampir seharga compact SUV seperti KIA Sonet dan Toyota Raize spek teratas, Maverick menggunakan mesin hybrid!


Mengutip Autonetmagz, Ford Maverick menggunakan mesin hybrid 2.500cc, dengan mesin bensin empat silinder siklus Atkinson yang menghasilkan tenaga 162 HP dan 210 NM dan motor listrik yang menghasilkan tenaga 126 HP dan torsi sebesar 234 NM. Apabila semua angka tersebut digabungkan, tenaganya menjadi 191 HP, dialirkan ke roda depan via transmisi CVT. Ford mengatakan bahwa Ford Maverick Hybrid dapat menempuh jarak sejauh 805 km dengan satu tangki bahan bakar.

Ada juga varian bermesin Ecoboost 2.000cc, yang menghasilkan tenaga 250 HP dan torsi sebesar 375 NM dan disalurkan ke roda depan atau ke semua roda dengan transmisi otomatis delapan kecepatan.

Toyota Land Cruiser 300

Toyota Land Cruiser 300 resmi memulai debut perdananya di dunia. Menggunakan platform TNGA-F, Land Cruiser terbaru ini menjadi yang pertama mengaplikasikan TNGA yang dirancang khusus untuk SUV Ladder Frame!

Land Cruiser 300 ini hadir dengan desain yang terlalu futuristis baik di depan maupun di belakang. Mulai dari pengunaan lampu depan yang minimalis dan dipadukan dengan bemper yang ‘gondrong’ di depan, hingga pintu bagasi yang sangat tegak berpadu lampu belakang full LED dan adanya spoiler.

Berbagai fitur di interiornya pun lebih istimewa, seperti pengunaan head unit 12,3 inchi yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, kamera 360 derajat, pengisi daya nirkabel, dan lain sebagainya. Tak lupa fitur Toyota Safety Sense pun hadir disini.

Mengutip Otodriver, Land Cruiser 300 juga memiliki varian GR-S dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin bensin 3.500 cc V6 twin turbo dengan tenaga mencapai 415 PS dan torsi 650 Nm, serta mesin diesel 3.300 cc V6 twin turbo dengan tenaga 309 PS dan torsi 700 Nm. Mesin-mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatik 10 percepatan.

Mitsubishi Xpander Black Edition & Xpander Cross Rockford Fosgate Edition (Edisi 2021)

Di tahun 2020 kemarin, Mitsubishi sempat membuat Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Edition. Dan tahun ini, Mitsubishi kembali menghadirkan varian tersebut dengan berbagai fitur yang lebih lengkap.

Berbasis Xpander varian Sport, Mitsubishi memberikan aksen serba hitam di eksteriornya (termasuk Velg, grill, side skirt, dan underguard). Ditambah, sound system Rockford Fosgate pun juga ditambah ke Xpander Black Edition tahun 2021 ini.

Mitsubishi Xpander Black Edition (Edisi 2020)

Sementara itu, Xpander Cross Rockford Fosgate pun mendapat improvement di edisi 2021 ini. Sama seperti yang dilakukan Mitsubishi di tahun 2020, Xpander Cross ini juga diberikan aksen serba hitam di eksteriornya (dengan tambahan panel hitam di pintu belakang pada edisi 2021) dan tentu saja ada sound system Rockford Fosgate didalamnya. Ditambah, Xpander Cross Rockford Fosgate 2021 ini juga ketambahan fitur kamera 360.

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate (Edisi 2020)

Mengutip Otodriver, varian spesial dari Mitsubishi Xpander ini dibanderol dengan harga Rp 273.900.000 untuk tipe manual dan Rp 283.800.000 untuk tipe otomatik dengan pilihan warna Jet Black Mica dan Quartz White Pearl. Sementara varian spesial dari Xpander Cross ini dibanderol dengan harga Rp 312.650.000 dengan pilihan warna Graphite Gray Metallic dan Quartz White Pearl.

Mobil Baru Lainnya

Selain beberapa mobil diatas, ada beberapa mobil yang juga melakukan debutnya pekan ini. Misal versi RHD dari Chevrolet Corvette yang fresh dari pabrik khusus untuk pasar Jepang dan UK, serta Ferrari Portofino M yang baru saja debut di Indonesia.

Jadi, demikian rangkuman mobil-mobil baru yang hadir selama seminggu kebelakang. Jika ada saran dan masukkan boleh berkomentar di bawah.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.