Innova EV Concept : sebuah gambaran masa depan dari Kijang Innova (ToyotaIndonesia)

[Dari IIMS 2022] Toyota Kijang Innova EV Concept dan Masa Depan Kijang

Otomotif 7 Apr 2022

Bicara soal mobil listrik di ajang IIMS 2022, ada satu mobil yang tiba-tiba membuat kejutan di saat orang lain menunggu kehadiran IONIQ 5, sang mobil yang sangat "OBISA" diandalkan dari Hyundai. Yup, kejutan itu datang dari jenama mobil paling populer di Indonesia, Toyota.

Toyota tiba-tiba membuat sebuah kejutan dengan menghadirkan Kijang Innova EV Concept, atau gambaran Kijang Innova di masa depan dengan mesin listrik. Kehadiran konsep Kijang Listrik ini bisa dibilang sebagai prolog dari masa depan Kijang yang akan dimulai dalam waktu dekat, yakni saat Kijang Innova memasuki generasi baru yang kabarnya akan diluncurkan pada akhir tahun ini.

Fitur dan Spesifikasi

Secara tampilan, Kijang listrik ini nampak sama seperti Kijang Innova pada umumnya, especially Kijang Innova facelift yang dijual sekarang. Hanya saja ada beberapa penyesuaian agar selaras dengan tema elektifikasi pada mobil ini.

Misal grill yang punya desain yang berbeda dari Innova biasa, adanya emblem electric serta stiker samping yang menegaskan kalau ini adalah Innova EV. Di dalam, ada beberapa ubahan di sektor transmisi yang menggunakan model tombol, head unit yang menampilkan informasi baterai dan speedometer yang masih dengan tachometer, yang membuatnya cukup unik.

Mengutip dari laman Cintamobil, spesifikasi purwarupa dari Kijang listrik ini dibekali dinamo bertenaga 75-134 kW (atau sekitar 100-179 HP) plus baterai 58,9 kWh yang mempunyai range di sekitar 200-300 km. Dan bicara soal torsi, mobil yang memiliki konfigurasi mesin-penggerak front engine-rear wheel drive ini sanggup menembus 700 Nm of Torque.

Tujuan Toyota Membuat Kijang Innova EV Concept & Kijang Innova Kedepannya

Kepada Cintamobil, Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa tujuan pengembangan Kijang Innova EV ini ialah untuk studi dalam pengembangan kendaraan elektrik di Indonesia, serta untuk meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat dan sebagai simbol komitmen jenama tersebut terhadap ekosistem utama kendaraan listrik.

“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat. Ini sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik. Dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia," kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) kepada Cintamobil.com pada gelaran IIMS 2022

Pengembangan purwarupa Kijang Listrik ini dimulai sejak 2021 silam, dan dari proyek ini, ada 5 Kijang Innova EV Concept yang dibuat sebagai bahan studi Toyota dalam mengembangkan kendaraan listrik. Meskipun, sejatinya mobil ini hanya sebagai sarana pamer bagi PT Toyota Astra Motor sembari menunggu pabrik mobil listrik mereka rampung pada 2024 mendatang.

Ya walaupun realisasi mobil sejenis Kijang Innova EV masih lama, tapi generasi terbaru dari Kijang Innova yang akan dirilis pada akhir tahun ini dikabarkan akan menjadi salah satu langkah "pembuka" dari perjalanan masa depan Kijang. Pasalnya ada rumor yang mengatakan bahwa Kijang Innova generasi terbaru nanti akan dibangun di atas platform TNGA dengan mesin Hybrid!


Well, apakah itu akan menjadi kenyataan? Kita tunggu saja kehadiran Kijang Innova Generasi terbaru ini dalam beberapa waktu kedepan.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.