Hyundai IONIQ generasi pertama, spek Eropa (Hyundai Newsroom Europe)

Hyundai Akan Mengakhiri Produksi IONIQ Series Generasi Pertama

Otomotif 15 Jun 2022

Tahukah kalian bahwa saat mobil yang sangat OBISA dari Hyundai (IONIQ 5) melakukan debut pertamanya di dunia pada tahun 2021 kemarin atau saat debut di IIMS 2022 kemarin, generasi awal dari IONIQ series (termasuk IONIQ electric, plug in dan Hybrid) masih dijual hingga Hyundai mengumumkan bahwa Juli 2022 merupakan akhir dari penjualan IONIQ generasi pertama.

Diproduksi pertama kali di dunia pada 2016 dan diperkenalkan ke Indonesia pada 2020, Hyundai IONIQ generasi pertama mempelopori era kendaraan listrik murni di Indonesia bersama KONA Electric. Dengan harga yang tak sampai 1 miliar, mobil listrik ini menjadi pilihan masyarakat yang ingin mempunyai mobil listrik dengan harga yang cukup terjangkau.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menggunakan IONIQ generasi pertama sebagai kendaraan dinasnya (Literasi News - Pikiran Rakyat)

Dan pada Juli 2022 mendatang, produksi generasi pertama Hyundai IONIQ ini akan berakhir di pabrik Hyundai di Ulsan, Korea selatan. Penghentian produksi generasi pertama IONIQ di seluruh dunia merupakan keputusan yang direncanakan lama oleh Hyundai untuk memenuhi permintaan konsumen yang berubah di sektor otomotif.

Namun IONIQ generasi pertama akan tetap menjadi pelopor sejati yang mengguncang industri dan membuka jalan bagi kisah sukses yang telah menjadi jajaran EV IONIQ saat ini (termasuk IONIQ 5).

Nantinya, perjalanan IONIQ generasi pertama yang berhasil menggebrak industri ini akan diteruskan oleh generasi IONIQ berikutnya, yang kini menjadi sub-brand khusus untuk mobil listrik yang dirancang menggunakan platform E-GMP mereka. Salah satunya ialah IONIQ 5 yang dijual saat ini.

IONIQ 5, penerus IONIQ generasi pertama (Arsip Media Formasi)

Selain IONIQ 5, Hyundai juga akan menghadirkan produk dari sub-brand IONIQ lainnya seperti IONIQ 6 yang baru saja meluncurkan teaser videonya sebagai "Electrified Streamliner." Video teaser tersebut mengindikasikan bahwa IONIQ 6 akan hadir dalam beberapa waktu kedepan.

Teaser IONIQ 6, yang menjadi adik dari IONIQ 5 (Hyundai WorldWide)

Oh iya, sebagai informasi, Hyundai IONIQ generasi pertama yang hadir di Indonesia merupakan CBU dari Korea Selatan. Saat ini ia bisa kamu beli mulai dari 682 juta hingga 723 juta dalam kondisi baru, atau dalam kondisi bekas yang dibanderol mulai dari 545 juta hingga hampir 600 juta (atau lebih, tergantung kondisi).

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.