Jadi Kenyataan, Audi Ikut Berkompetisi di Formula 1 Mulai Tahun 2026

Otomotif 26 Agt 2022

Masih ingat beberapa waktu lalu bahwa Audi dan Porsche 'kepincut' untuk berkompetisi di ajang Formula 1 mulai 2026? Nah, akhirnya 'titik terang' mulai terlihat dari konfirmasi Audi ke ajang balap Jet Darat tersebut.

Setelah dirumorkan sangat lama bahkan sempat 'dikonfirmasi' oleh CEO VW Group, akhirnya Audi akhirnya mengonfirmasi telah dapat lampu hijau menjadi pabrikan power unit Formula 1 mulai 2026, Jumat (26/8/2022).

Diumumkan Melalui GP Belgia

Dikutip melalui press release dari Audi, Keikutsertaan pabrikan asal Ingolstadt ini telah dikonfirmasi jelang GP Belgia, Jumat, 26 Juni 2022. Kesepakatan ini turut dihadiri oleh Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem, CEO F1 Stefano Domenicalli, dan Markus Duesmann dari Audi.

Foto: Audi

Pemimpin dewan direksi Audi, Markus Duesmann, mengutarakan bahwa “Motorsport adalah bagian integral dari DNA Audi. Formula 1 merupakan panggung global untuk merek kami dan laboratorium pengembangan yang sangat menantang.

“Kombinasi performa tinggi dan kompetisi selalu jadi penggerak inovasi dan transfer teknologi dalam industri kami. Dengan aturan baru, sekarang waktu yang tepat bagi kami untuk terlibat. Bagaimana pun, baik Formula 1 dan Audi mengejar tujuan keberlanjutan yang jelas.”

Mengenai power unit yang akan dikembangkan, pabrikan logo empat cincin itu bakal mengembangkan mesin baru di bawah pimpinan Adam Baker melalui fasilitas Audi Sport di Neuburg. Perlahan-lahan, Audi akan meningkatkan infrastruktur dan menambah personelnya.

Bicara soal regulasi, FIA telah mengubah regulasi power unit pada musim 2026 mendatang dengan kompabilitas penuh terhadap sustainable fuel dan menghilangkan motor generator unit-heat (MGU-H) yang sempai dikeluhkan VW Group karena terlalu kompleks dan sangat mahal.

Tahap awalnya Audi akan terjun sebagai engine supplier dengan mitra seperti McLaren dan Williams yang sedang dijajaki. Namun, dirumorkan kembali bahwa Audi akan bermitra dengan Sauber, yang baru saja mengumumkan akhir dari kerjasama denagn Alfa Romeo pada musim 2023 mendatang.

Dengan dikonfirmasinya Audi di ajang Formula 1, sepertinya hanya tinggal menunggu waktu bagi Porsche untuk ikut terjun juga ke kompetisi jet darat dengan Red Bull Racing.

Sumber: Press Release

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)